Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 19:13 WIB

80% Lautan, Bagaimana Kondisi Perbankan di Halmahera Selatan?

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy/detikcom Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Halmahera Selatan - Halmahera Selatan menjadi salah satu kabupaten yang memiliki keunikan tersendiri karena 80% dari wilayahnya merupakan laut. Penduduknya pun tersebar di pulau-pulau yang 95 persennya mendiami pesisir.

"Halmahera Selatan mempunyai pulau besar, Pulau Bacan ibu kota Labuha, ada juga Pulau Obi, wilayah Gane di bagian selatan kaki Halmahera, ada Pulau Makian, Kayoa, Mandioli, Kasiruta," terang Sekretaris Daerah Halmahera Selatan Helmi Surya Botutihe kepada detikFinance di kantornya, Labuha, Pulau Bacan, Senin (4/3/2019) lalu.

Dengan keadaan geografis seperti ini, tak dipungkiri menjadi tantangan tersendiri bagi Pemda yang baru dimekarkan 2003 tersebut. Dia mengatakan sebagian besar aktivitas perbankan hanya berpusat di Pulau Bacan saja sementara pulau lainnya masih belum ter-cover dengan baik.


"Kondisi perbankan itu hanya ada di Bacan. Kurang lebih ada 8 bank BUMN dan swasta, nasional dan syariah hanya saja terpusat di Labuha," sambung dia.

Padahal menurutnya banyak wilayah yang patut menjadi pusat perbankan juga seperti di Pulau Obi yang merupakan pusat aktivitas pertambangan.

"Di wilayah Gane tidak ada layanan perbankan. Di Obi ada dua bank BRI dan BPD tapi wilayah Obi hanya luas sekali dan tidak ter-cover hanya kantor kas saja. Di Pulau Makian dan Kayoa belum ada layanan perbankan," tandas dia.

Oleh karena itu, dia pun ikut senang dengan hadirnya Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang bergerak dari satu pulau ke pulau lainnya menjemput bola untuk melayani perbankan masyarakat.


"Itu merupakan berkah adanya Seva karena BRI memiliki terobosan memperhatikan kondisi kewilayahan khususnya di bagian Indonesia timur yang bercirikan kepulauan. Kami sangat terbantu sekali kapal Teras BRI untuk bisa melayani karena sifatnya mobile bisa menyinggahi hampir di seluruh kecamatan tanpa masyarakat harus datang ke Labuha," tutupnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Pembantu Kantor BRI Labuha Halmahera Selatan Erys P Saragih mengatakan dengan adanya layanan perbankan di Teras BRI Kapal Bahtera Seva III masyarakat di pesisir kepulauan bisa tetap nyaman bertransaksi menggunakan ATM atau bisa juga mengajukan kredit.

"Ini tidak semata jasa perbankan saja efeknya bagi masyarakat yang dikunjungi sangat luar biasa. Harapan kita rute ini dapat dikembangkan lagi sehingga masyarakat di sekitar bisa merasakan manfaatnya. Kami akan komunikasikan dengan pusat," tutup Erys.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed