Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 21:07 WIB

OJK Sebut Cuma 60% Orang RI Punya Rekening Bank

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Masyarakat Indonesia dinilai masih kurang mengenal produk industri keuangan. Hal itu disebut menjadi tantangan bagi industri keuangan Indonesia

Tantangan itu disebutkan oleh Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute Sukarela Batunanggar, menurutnya inklusi keuangan alias pengetahuan dan pengalaman masyarakat untuk menyentuh produk keuangan masih dinilai rendah.

"Tantangan industri pertama tingkat inklusi keuangan rendah, hanya 60% penduduk dewasa memiliki rekening bank, saya kira ini challenge-nya," ungkap Sukarela pada acara talkshow Digital Financing di Gedung BEI, Selasa (23/4/2019).


Sukarela menilai inklusi keuangan yang hanya 60% masih tergolong rendah, terlebih lagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup banyak. Dia mengatakan bahwa pihaknya ingin nilai inklusi keuangan masyarakat menjadi 75%.

"Jadi kuncinya itu tadi 50%, dan itu masih sangat rendah. Maka kita ingin tingkatkan jadi 75% di tahun ini," kata Sukarela.


Untuk menggenjot inklusi keuangan, menurut Sukarela pihaknya sedang aktif melakukan literasi keuangan lewat sosialisasi langsung ke masyarakat.

"Caranya pertama tingkatkan edukasi konsumen. Kami proaktif lakukan sosialisasi ke universitas dan masyarakat agar mereka lebih banyak tahu mengenai industri keuangan," ungkap Sukarela. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com