Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 15:04 WIB

BNI: Sampai Saat Ini Belum Ada Kenaikan Bunga KPR

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memastikan tak ada kenaikan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) Griya saat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) turun. Saat ini bunga KPR disesuaikan dengan kondisi pasar.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Tambok P Setyawati mengungkapkan memang BNI sempat melakukan review untuk suku bunga KPR untuk beberapa segmen nasabah.

"Kemarin memang sudah harus ada masa penyesuaian, oleh sebab itu kita review tetapi sampai saat ini belum ada kenaikan suku bunga mengingat saat ini BI menurunkan bunga acuan," kata dia di Gedung BNI, Jakarta, Kamis (29/8/2019).


Saat ini suku bunga KPR BNI Griya masih tetap menggunakan suku bunga berjalan yakni di kisaran 9,5-13,5%. Dia mengatakan dalam menentukan suku bunga KPR, perseroan biasanya menentukan sesuai dengan profil risiko calon nasabah KPR. Misalnya untuk nasabah yang memiliki payroll di BNI atau memiliki tabungan di BNI akan mendapatkan bunga yang berbeda dengan nasabah lain.

"Karena kalau mereka payroll di BNI, pasti transaksinya lebih banyak dan itu risiko mereka akan lebih rendah," ujarnya.


Sehari sebelumnya, pihak BNI mengirimkan SMS ke nasabah yang isinya menyebut jika suku bunga Griya tak ada kenaikan. "Nasabah Yth, suku bunga BNI Griya Anda akan tetap menggunakan suku bunga berjalan saat ini. Terima kasih telah menjadi nasabah setia BNI. Hub BNI Call 1500046"

Sebelumnya diberitakan jika nasabah BNI Griya mengeluhkan kenaikan suku bunga KPR sebesar 0,5%.

Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com