Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Nov 2019 19:00 WIB

Kapan Bunga KPR BTN Turun?

Trio Hamdani - detikFinance
Layanan KPR online/Foto: dok. Bank BTN Layanan KPR online/Foto: dok. Bank BTN
Jakarta - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) telah turun menjadi 5%. Bunga acuan ini biasanya dijadikan pegangan oleh perbankan untuk menentukan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) kepada nasabah.

Bagaimana bunga KPR PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN? Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN Nixon L. P. Napitupulu menjelaskan tidak bisa otomatis menurunkan bunga KPR begitu suku bunga BI turun.

Menurutnya butuh proses selama 3 hingga 6 bulan untuk menurunkan suku bunga.

"Jadi BI Rate sudah turun, digiring turun terus. Kemudian pelonggaran reserve requirement turun lagi 50 basis poin, tapi memang market itu turunnya nggak langsung ya. Di Indonesia, adjustment-nya bisa 3 sampai 6 bulan, transmisi dari ketentuan BI sampai ke consumer," kata dia di Kantor Pusat BTN, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).


Kenapa harus menunggu antara 3-6 bulan?

"Jadi menunggu depositonya jatuh tempo baru bisa re-pricing kan. Jadi kalau kita sudah deal dengan harga 8, tiba-tiba BI Rate turun kan nggak bisa semena-mena kita turunin sampai kontraktualnya dia jatuh tempo. Itu yang sebabkan kenapa transmisi butuh 3-6 bulan secara rata-rata dan juga turunnya BI Rate kan 1/4, 1/4, nggak langsung. Ini juga kita lihat," sebutnya.

Faktor berikutnya adalah likuiditas market juga masih cukup ketat, yang mana posisi loan to deposit ratio (LDR) BTN di kisaran 94%.

"Kalau sudah 94-95% memang menurut saya sudah sangat ketat ya. Jadi itu yang sebabkan orang belum berani secara drastis menurunkan suku bunga dananya. Kalau suku bunga dana nggak bisa turun drastis maka memang penurunan suku bunga kreditnya juga sangat bertahap. Itu yang terjadi di market," tambahnya.



Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com