BRI Layani Nasabah Ekspor LPEI Lewat Digital Trade Finance

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Kamis, 26 Des 2019 17:48 WIB
Foto: Dok. BRI
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menandatangani kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terkait penyediaan layanan digital trade finance BRI bagi nasabah ekspor LPEI.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Jakarta (26/12/2019) dengan dihadiri oleh Direktur Kelembagaan & BUMN Bank BRI, Agus Noorsanto, Direktur Pelaksana I LPEI, Dikdik Yustadi dan SEVP II LPEI, Mohammad Guntur.

Agus menjelaskan dengan adanya kerja sama ini perseroan berkomitmen untuk menjadi solusi transaksi perdagangan internasional bagi LPEI.


"Bank BRI siap memfasilitasi LPEI dengan layanan secara lengkap terkait Trade finance & International banking services, pelaporan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dan BRI Cash Management System (CMS)," kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12/2019).

Nasabah-nasabah eksportir LPEI dapat dilayani di Kantor Cabang BRI terdekat yang ditunjuk untuk melakukan presentasi dokumen dan layanan trade finance lain yang berkaitan dengan ekspor.

"Sinergi antara Bank BRI dengan LPEI diharapkan dapat memberikan manfaat nyata kepada seluruh nasabah eksportir serta mampu mendorong perekonomian Indonesia khususnya dalam upaya peningkatan ekspor Indonesia melalui pemberian pelayanan dan kemudahan ekspor," harapnya.


Di sisi lain, lanjutnya, kerja sama ini merupakan upaya nyata untuk mendorong pelaku UMKM menembus pangsa pasar internasional.

Hingga akhir November 2019, volume ekspor dan impor Bank BRI dengan menggunakan fasilitas trade finance tercatat meningkat 18.15% year on year dengan fee based income mencapai Rp 1,5 triliun.


BRI Layani Nasabah Ekspor LPEI Lewat Digital Trade Finance


Simak Video "Teras BRI Kapal, Penjaga Kedaulatan Rupiah di Perbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)