Tips Pilih Asuransi Biar Nggak Kena Gagal Bayar Seperti Jiwasraya

Hendra Kusuma - detikFinance
Minggu, 19 Jan 2020 09:01 WIB
Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis
Jakarta - Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menandakan bahwa masyarakat Indonesia masih minim pengetahuan mengenai produk asuransi. Jika dicermati lebih dalam, biasanya produk asuransi sangat bermanfaat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sayangnya para nasabah Jiwasraya banyak yang hanya tergiur oleh bunga tinggi dari produk JS Saving Plan. Jika literasi atau pemahaman masyarakat tinggi akan produk asuransi seharusnya tidak akan berani membeli produk JS Saving Plan.

JS Saving Plan merupakan produk dengan cost of fund (COF) sangat tinggi di atas bunga deposito dan obligasi mencapai 9-13% yang ditawarkan secara masif sejak 2015. Nasabah juga bisa mengambil dananya hanya dalam jangka waktu satu tahun. Tentu detil produk tersebut bukan murni asuransi.

Agar tidak terjebak saat membeli produk asuransi, pengamat asuransi Irvan Rahardjo menyarankan masyarakat membeli produk yang sifatnya proteksi. seperti asuransi kecelakaan, kesehatan, hingga kematian.

"Jadi kembali lagi kalau mau beli proteksi beli produk proteksi. Apa saja, ya polis kematian, kecelakaan, kesehatan, itu kan proteksi," kata Irvan usai menghadiri acara Polemik MNC Trijaya di Hotel Ibis, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2