Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 18:46 WIB

BNI Bagi-bagi Dividen Rp 3,8 T ke Pemegang Saham

Hendra Kusuma - detikFinance
ATM Bank BNI Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk sepakat untuk membagikan dividen sebesar Rp 3,85 triliun atau 25% dari laba bersih yang dicatat pada buku keuangan tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST).

"RUPS Tahun 2019, BNI setor dividen sebesar Rp 3,85 triliun ke pemegang saham," kata Anggoro di kantor BNI Pejompongan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Anggoro menyebut, perseroan berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 15,38 triliun. Pembagian dividen ini nantinya akan ditetapkan oleh jajaran direksi sesuai aturan yang berlaku.

"BNI sudah melaksanakan RUPS tahunan untuk tahun buku 2019. Menyetujui penggunaan laba bersih 2019 sebesar Rp 15,38 triliun untuk dividen sebesar 25% atau Rp 3,85 triliun khusus bagian pemerintah sebesar 60% akan disetorkan ke rekening kas negara," ujarnya.

Sedangkan sisanya sebesar 75% atau Rp 11 triliun akan digunakan sebagai saldo yang ditahan. Adapun jumlah dividen yang disetor kepada negara sebesar 60% setara dengan Rp 2,30 triliun dan yang disetor kepada pemegang saham publik sebesar Rp 1,53 triliun atau 40%.

"Direksi perseroan dengan hak konstitusi akan menetapkan jadwal dan tata cara pembagian deviden sesuai ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Anggoro menuturkan tim manajemen baru BNI akan terus melanjutkan program kerja dan kebijakan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2020.

"Yang akan kami perkuat adalah di sisi implementasinya supaya kami bisa mengejar ketertinggalan kami, sehingga kinerja fundamental BNI akan lebih kuat dan berkesinambungan. Soliditas vertikal dan horizontal akan lebih kami perkuat, sehingga penetrasi ke pasar yang semakin ketat persaingannya ini dapat kami eksekusi lebih mantap," pungkasnya.



Simak Video "Sah! Agus Martowardojo Jadi Komut BNI"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com