Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 15:10 WIB

Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online, Ini Langkah-langkahnya

Puti Yasmin - detikFinance
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di semua golongan. Hal itu dilakukan untuk menutup defisit keuangan di BPJS Kesehatan. Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas website dan aplikasi untuk memudahkan penggunanya melakukan cek keanggotaan dan status pembayaran. Dengan adanya fasiltas tersebut, peserta BPJS Kesehatan tidak perlu repot.

Seperti diketahui, pemerintah mewajibkan semua warga untuk terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Terdapat tiga golongan kelas BPJS Kesehatan yang bisa dipilih, yakni golongan I, II, dan III.

Cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online:

1. Aplikasi

Download aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store. Kemudian buka dan login BPJS Kesehatan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, buka menu 'peserta' dan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online di aplikasi.

2. Website

Buka laman di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian, isi data pada kolom yang diminta seperti Nomor Kartu, dan Tanggal Lahir.

Klik 'Cek', maka nama peserta, nomor peserta, hingga cek keanggotaan BPJS Kesehatan online akan muncul di layar. Selain itu, anggota juga bisa melihat total tagihan dan denda yang diberikan.

3. Call Center

Cek keanggotaan BPJS Kesehatan online lainnya dengan menelpon ke call center. Cukup hubungi nomor 1500 400 dan anggota akan terhubung ke customer service BPJS Kesehatan.

4. SMS

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online terakhir dengan mengetik SMS. Anggota hanya perlu membuat format SMS, sebagai berikut:

NIKNomor Induk Kependudukan

NOKANomor Kartu BPJS Kesehatan

NIPNomor Induk Pegawai

Dari ketiga pilihan tersebut, pilih salah satu dan kirim ke 08777-5500-400.

Sedangkan untuk mengecek tagihan BPJS bisa SMS dengan format 'TAGIHANNomor Kartu BPJS Kesehatan. Selamat mencoba cek keanggotaan BPJS Kesehatan online ya!



Simak Video "Tipe Pebisnis di Masa Pandemi Corona Versi Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com