Cicilan KUR Ditunda 6 Bulan, Ini Syaratnya

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 01 Apr 2020 15:08 WIB
THR PNS
Foto: Ilustrasi (Tim infografis: Fuad Hasim)
Jakarta -

Pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 6,1 triliun untuk menalangi penundaan pembayaran cicilan kredit usaha rakyat (KUR) oleh pelaku usaha kecil selama 6 bulan. Penundaan tersebut berlaku untuk pembayaran pokok dan bunganya.

"Penundaan pembayaran pokok dan bunga untuk KUR selama 6 bulan. Anggarannya Rp 6,1 triliun," kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/4/2020).

Langkah tersebut diambil pemerintah untuk mempertahankan keberlangsungan usaha mikro dan kecil (UMK). Penundaan pembayaran cicilan KUR dilakukan selama 6 bulan bagi pelaku usaha yang terkena dampak virus Corona (Covid-19).

Kebijakan itu akan diikuti dengan relaksasi ketentuan KUR yang sejalan dengan ketentuan restrukturisasi kredit sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK.


"Terkait usaha mikro dan kecil, selain pemotongan atau penundaan KUR, pemerintah juga siapkan program lain termasuk relaksasi pembayaran terkait ojek online. Ini akan diatur dalam Peraturan OJK," tambahnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meminta perbankan memberikan relaksasi kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam hal ini adalah kelonggaran pembayaran pokok utang dan bunganya, atau salah satunya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, perbankan bisa menunda pembayaran bunga atau pembayaran pokok pinjaman yang dilakukan oleh UMKM. Hal itu menyikapi dampak negatif virus Corona (Covid-19) ke kegiatan usaha.

"Kami berikan fleksibilitas kepada bank untuk memilah-milah dan memberikan stimulus kemudahannya, apakah itu berupa penundaan pembayaran pokok, apakah itu penundaan pembayaran bunga, apakah itu pokok dan bunga silakan saja," kata dia dalam konferensi pers di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).



Simak Video "Italia Tutup Bioskop, Gym, hingga Kolam Renang Demi Tekan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)