134.000 UMKM Dapat Keringanan Cicilan dari Bank BUMN

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Apr 2020 09:42 WIB
BRI UMKM
Ilustrasi UMKM
Jakarta -

Salah satu bank BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah melakukan restrukturisasi kredit ke lebih dari 134.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak Covid 19 di Indonesia.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan, jumlah keringanan ini dilakukan sejak 16-31 Maret 2020 dengan plafon sebesar Rp 14,9 triliun.

"Skema restrukturisasi yang diberikan BRI untuk masing-masing debitur berbeda, disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi, dengan catatan usahanya masih punya prospek yang baik dan secara personal debitur memiliki itikad baik atau kooperatif," kata Amam dalam siaran pers, Selasa (7/4/2020).

Amam menjelaskan, proses restrukturisasi ini dilakukan dengan prinsip kehati-hatian dengan asesemen seberapa besar dampak Covid 19 terhadap usaha nasabah.

Dia menyebut relaksasi ini juga sebagai salah satu upaya melindungi dan menyelamatkan pelaku UMKM di Indonesia yang terdampak penyebaran Covid 19.

BRI juga menjalankan program untuk mendukung pertumbuhan pelaku UMKM di tengah kondisi saat ini. Misalnya pendampingan dan konsultasi bisnis oleh lebih dari 38.000 relationship manager, membantu jual produk UMKM melalui Indonesia mall.

"Selain itu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan virtual dan juga melalui penyaluran berbagai jenis program CSR BRI," imbuh dia.



Simak Video "Kredivo: Pengaju Kredit di Masa Pandemi Meningkat Signifikan"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)