Guatemala Dapat Bantuan IMF Rp 8,3 Triliun untuk Lawan Corona

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 09:26 WIB
Para petani di dataran tinggi Guatemala tetap harus bekerja di tengah mewabahnya virus Corona di negeri tersebut. Begini potret kehidupan mereka di saat pandemi melanda.
Petani di Guatemala. Foto: AP/Moises Castillo
Jakarta -

International Monetary Fund (IMF) menyetujui dana bantuan darurat sebesar US$ 594 juta (Rp 8,3 triliun( untuk Guatemala dalam rangka penanganan krisis akibat Corona.

Mengutip Reuters, bantuan tersebut akan digunakan oleh pemerintah Guatemala untuk biaya kesehatan masyarakat.

"Dana bantuan itu akan digunakan untuk biaya kesehatan darurat serta menangani masalah ekonomi dan sosial yang berasal dari pandemi ini," tulis pernyataan IMF, dikutip dari Reuters, Kamis (11/6/2020).

Saat ini Guatemala telah mencatat ada 8.000 warga yang terinfeksi virus Corona dan mencatat 300 kematian.

Sebelumnya IMF menyebut sudah ada 100 negara yang meminta bantuan darurat untuk mengatasi krisis keuangan yang disebabkan pandemi virus Corona.


IMF menyiapkan dana US$ 1 triliun untuk baki pinjaman ke negara-negara tersebut. Merosotnya ekonomi global berada saat ini menjadi terburuk sejak 1930-an. Pemerintah dan pejabat kesehatan diharapkan harus bekerja sama untuk mencegah hasil yang lebih buruk lagi.

IMF mengatakan bahwa mereka memperkirakan gross domestic product (GDP) global akan berkontraksi sebesar 3% pada tahun 2020, sebuah resesi yang jauh lebih buruk dari pada krisis keuangan global tahun 2008. Turun dari perkiraan sebelumnya pada bulan Januari ketika mengharapkan pertumbuhan 3,3% tahun ini.

IMF memprediksi ada risiko resesi yang meluas hingga 2021 jika pembuat kebijakan gagal mengoordinasikan respons terhadap pandemi virus Corona.



Simak Video "Penampakan Semburan Lava dari Gunung Pacaya Guatemala"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)