Pandemi Corona Belum Reda, Rapat Bank Dunia-IMF Digelar Virtual

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 10:30 WIB
imf
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

World Bank atau Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) akan menggelar pertemuan musim gugur tahunan pada Oktober mendatang. Pertemuan ini akan berlangsung secara online karena pandemi Corona.

Hal tersebut disampaikan Presiden Bank Dunia David Malpass dalam sebuah surat kepada gubernur bank.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/7/2020), keputusan untuk bertemu secara virtual karena meningkatnya infeksi di Amerika Serikat. Serta, pembatasan perjalanan yang berlanjut.

Kedua lembaga keuangan internasional tersebut juga mengadakan pertemuan musim semi secara online pada bulan April. Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dan pejabat lainnya mengatakan mereka berharap untuk mengalihkan lebih banyak pekerjaan mereka ke pertemuan virtual di masa depan.

Dalam surat yang diunggah di situs jejaring bisnis LinkedIn, Malpass menggarisbawahi komitmen Bank Dunia untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemi dan membantu negara-negara berkembang mengambil langkah-langkah menuju pemulihan.

"Krisis COVID-19 dan penutupan ekonomi menjadi ancaman untuk membalikkan banyak kemajuan pembangunan yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir dan membuat ratusan juta orang kembali ke dalam kemiskinan," tulis Malpass.

Dia mengatakan Bank Dunia telah menyetujui proyek darurat kesehatan di lebih dari 100 negara dan menyediakan modal kerja serta pembiayaan perdagangan untuk sektor swasta di negara-negara berkembang.

Komitmen awal yang tidak diaudit pada tahun fiskal 2020 kemungkinan akan berjumlah sekitar US$ 74 miliar, naik tajam dari tahun fiskal 2019. Dengan total pembiayaan dalam 15 bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2021 mendatang untuk mencapai US$ 160 miliar.



Simak Video "Tambah 1.268, Total Kasus Positif Corona di Indonesia Jadi 66.226"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)