Berani Jual Mahal Uang Khusus 75 Ribu? Ini Hukumannya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 19:00 WIB
uang khusus
Foto: Screenshot
Jakarta -

Penyedia platform marketplace seperti Bukalapak bertindak tegas dengan munculnya akun pelapak yang menjual uang khusus kemerdekaan pecahan Rp 75.000 dengan harga yang fantastis.

Bukalapak langsung memberikan peringatan dan menurunkan akun tersebut dari sistem. Pasalnya akun itu menjual selembar uang baru dengan harga Rp 50 juta.

Senior Corporate Communications Manager Bukalapak Gicha Graciella mengungkapkan saat ini Bukalapak mendukung dan melaksanakan arahan dari bank sentral terkait pelarangan menjual uang edisi tersebut di Bukalapak.

Dia menyebut telah berkoordinasi secara internal dan melakukan proses monitoring dan seleksi ketat terhadap penjualan produk ini. "Bila kedapatan ada pelapak yang meng-upload kami segera turunkan (takedown) produk tersebut dari marketplace kami," kata dia dalam keterangan resmi.

Dia mengungkapkan saat ini Bukalapak sebagai sebuah platform marketplace tidak menentukan harga jual dari masing-masing pelapak.

"Hak dari pelapak untuk mengupload dan menentukan harga produk serta strategi penjualan masing - masing di marketplace, namun akan tetapi hal ini juga harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan, serta mengacu pada peraturan pemerintah dan hukum yang berlaku, dan setiap bentuk pelanggaran akan kami tindak lanjuti," ujarnya.

Dia menyebut Bukalapak terbuka untuk para pengguna apabila ingin memberikan laporan terkait dengan hal ini dengan cara menggunakan fitur lapor yang ada di Bukalapak.

"Serta dapat pula dengan menghubungi akun BukaBantuan di Bukalapak untuk dapat ditindaklanjuti oleh team terkait," jelasnya.



Simak Video "Luhut Angkat Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Jadi Staf"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)