AA Maramis, Otak di Balik Lahirnya Uang Rupiah

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 15 Nov 2020 08:49 WIB
aa maramis
Foto: istimewa
Jakarta -

Siapa yang tak butuh uang rupiah saat ini? Kehadirannya begitu diperlukan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Tetapi, tahukah kamu siapa otak di balik pencetus rupiah pertama?

Dia adalah Alexander Andries (AA) Maramis. Sosoknya bisa dibilang sebagai pahlawan ekonomi karena telah menciptakan uang kertas Indonesia pertama yang disebut Oeang Republik Indonesia (ORI) yang merupakan cikal bakal rupiah.

Idenya itu muncul saat dia diangkat sebagai Menteri Keuangan kedua dalam kabinet Indonesia pertama pada 26 September 1945. Saat itu ia menggantikan posisi Samsi Sastrawidagda, yang mengundurkan diri setelah dua minggu menjabat karena alasan kesehatan.

Berdasarkan catatan detikcom yang dirangkum Minggu (15/11/2020), proses persiapan lahirnya ORI membutuhkan waktu hampir satu tahun. Desain dan bahan-bahan utama pembuatan ORI disediakan oleh percetakan Balai Pustaka Jakarta. Dalam mewujudkan itu, Maramis membentuk panitia penyelenggara pencetakan uang kertas Indonesia.

Peran besarnya itu membuat tanda tangannya ada di mata uang Indonesia pertama yang beredar sebagai alat pembayaran yang sah. Pada saat itu, Maramis menandatangani 15 mata uang dengan pecahan yang berbeda sepanjang 1945-1947.

Pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara, pada 20 Juni 1897 ini beberapa kali menempati posisi sebagai Menteri Keuangan di beberapa kabinet berikutnya. Seperti Kabinet Amir Sjarifudin I (3 Juli 1947), Kabinet Amir Sjarifudin II (12 November 1947) dan Kabinet Hatta I (29 Januari 1948).

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2