Erick Thohir Bela Bank BUMN yang Kinerjanya Merosot

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 21 Nov 2020 20:15 WIB
Erick Thohir menggantikan posisi Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024. Proses sertijab jabatan itu pun digelar di Kantor Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir angkat suara terkait penurunan kinerja bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) selama pandemi COVID-19. Menurut Erick, merosotnya kinerja terjadi karena selama pandemi Himbara punya tugas untuk memfasilitasi restrukturisasi kredit kepada UMKM maupun korporasi.

"Bank-bank Himbara ini kenapa net income-nya turun 40% karena tadi kita merestrukturisasi UMKM, korporasi sesuai arahan dari pemerintah dengan sendirinya tentu net income-nya terdampak," ujar Erick dalam acara acara LUSTRUM XII IKA ITS Innovation Challenge and Business Summit 2020, Sabtu (21/11/2020).

"Nah tentu kita tidak mengeluh karena ini bagian daripada penugasan yang negara inginkan yang memang salah satu bagaimana BUMN harus menjadi ujung tombak daripada pembangunan yang berdampak pada masyarakatnya," tambahnya.

Selain itu, bank Himbara punya tugas-tugas lainnya seperti memperluas jaminan kepada kredit usaha rakyat (KUR).

"Di situ juga setelah kami melakukan itu kami mendapat tugas bagaimana perluasan jaminan kredit, di mana Askrindo, Jamkrindo membantu daripada perusahaan kredit ini kepada kredit usaha rakyat untuk sektor UMKM," ungkapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2