Bos OJK Bicara Penurunan Suku Bunga Bank: Kurang Cepat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 12:06 WIB
Konferensi Pers KSSK
Ketua OJK Wimboh Santoso/Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melihat penurunan bunga bank. Namun, OJK memandang penurunan suku bunga ini kurang cepat.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam sebuah diskusi online, Selasa (24/11/2020).

"Kami memang melihat sudah ada penurunan sekarang, bunga in average sudah single digit. Cuma saya juga merasa kurang cepat gitu aja, bagaimana kita percepat," ujarnya.

Wimboh menjelaskan, perbankan siap mendorong perekonomian. Menurutnya, secara likuiditas perbankan sudah siap dan suku bunga juga pasti turun.

"Perbankan siap, modalnya siap, likuiditas siap. Suku bunga tidak ada masalah, ini hanya masalah waktu transmisi aja, kita akan monitor suku bunga pasti turun," terangnya.

"Tadi BI menurunkan policy rate OK, tadi pak Yudhi siap akan menurunkan itu sehingga men-stimulate penurunan suku bunga deposito, bahkan pemerintah sudah men-stimulate dengan menempatkan dana di beberapa bank," sambungnya.

Wimboh menuturkan, sejumlah sektor mengalami pukulan dan diperkirakan membutuhkan waktu untuk bangkit. Menurutnya, ada beberapa sektor yang punya potensi dipacu dan menyerap tenaga kerja.

"Ini adalah penting memacu sektor-sektor tertentu, perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan itu bisa meng-absorb tenaga kerja cukup besar," ujarnya.

(acd/ara)