ADVERTISEMENT

Tak Cuma Bisa 'Diintip', Ini 5 Eror ATM yang Pernah Terjadi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 16:55 WIB
ELMONT, NY - JUNE 07: during the Belmont Stakes at Belmont Park on June 7, 2014 in Elmont, New York.  (Photo by Mike Ehrmann/Getty Images)
Ilustrasi/Foto: Mike Ehrmann/Getty Images
Jakarta -

Mesin ATM BCA sempat eror dengan menampilkan aktivitas pengguna di bagian atas. Bagian tersebut seharusnya menampilkan nominal uang yang ada.

Sebenarnya ada beberapa masalah yang kadang terjadi pada mesin ATM. Hal ini karena memang ATM adalah mesin yang terus bekerja selama 24 jam.

Mengutip www.goldstaratm.com disebutkan masalah yang terjadi ini biasanya karena kurangnya perawatan dari pemilik mesin. Berikut jenisnya:

1. Dispenser Rusak

Dispenser pada mesin ATM adalah alat pengolahan jumlah uang. Biasanya gangguan ini terjadi saat nasabah melakukan tarik tunai namun uang tidak keluar atau keluar dalam jumlah yang tidak sesuai. Kemudian dalam mutasi rekening atau histori transaksi uang tersebut sudah terdebet atau terpotong. Saat mesin ATM gagal mengeluarkan uang, maka nasabah akan melapor ke bank terkait kejadian tersebut.

2. Card Reader Usang

Pada mesin ATM juga ada masalah card reader atau pembaca kartu yang sudah usang. Biasanya kartu yang masih menggunakan magnetic stripe lebih rentan bermasalah jika card reader sudah tidak seperti baru.

3. Keypad Rusak

Kerusakan paling sering terjadi adalah pada keypad. Atau papan tombol yang biasa digunakan untuk memasukkan nomor PIN. Jika keypad ini rusak, maka mesin ATM dipastikan tidak bisa digunakan. Kadang-kadang keypad ini tidak merespons saat ditekan atau membutuhkan waktu lama untuk memunculkan angka di layar.

4. Struk Tidak Keluar

Struk atau kertas bukti transaksi biasanya selalu keluar ketika nasabah selesai transaksi. Namun kadang mesin ATM mengalami masalah dan tidak bisa mengeluarkan struk. Biasanya hal ini karena mesin kehabisan kertas atau kehabisan tinta untuk mencetak.

5. Gangguan Software

Saat ini mesin ATM sudah ada yang berteknologi layar sentuh dan menggunakan perangkat lunak yang paling mutakhir. Namun mesin ATM juga bisa mengalami gangguan software. Pemilik mesin wajib melakukan update software secara berkala untuk menghindari virus dan gangguan yang mungkin terjadi ke depan.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT