Heboh Layar ATM Bisa 'Diintip', Ini 5 Penyakit di Mesin Tarik Tunai

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 04 Des 2020 07:00 WIB
ATM BCA
Ilustrasi/Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance

Card Reader Usang

Pada mesin ATM juga ada masalah card reader atau pembaca kartu yang sudah usang. Biasanya kartu yang masih menggunakan magnetic stripe lebih rentan bermasalah jika card reader sudah tidak seperti baru.

Keypad Rusak

Kerusakan paling sering terjadi adalah pada keypad.Atau papan tombol yang biasa digunakan untuk memasukkan nomor PIN. Jika keypad ini rusak, maka mesin ATM dipastikan tidak bisa digunakan. Kadang-kadang keypad ini tidak merespons saat ditekan atau membutuhkan waktu lama untuk memunculkan angka di layar.

Struk Tidak Keluar

Struk atau kertas bukti transaksi biasanya selalu keluar ketika nasabah selesai transaksi. Namun kadang mesin ATM mengalami masalah dan tidak bisa mengeluarkan struk. Biasanya hal ini karena mesin kehabisan kertas atau kehabisan tinta untuk mencetak.

Gangguan Software

Saat ini mesin ATM sudah ada yang berteknologi layar sentuh dan menggunakan perangkat lunak yang paling mutakhir. Namun mesin ATM juga bisa mengalami gangguan software. Pemilik mesin wajib melakukan update software secara berkala untuk menghindari virus dan gangguan yang mungkin terjadi ke depan.

Halaman

(kil/eds)