BRI Beri Layanan Keuangan ke Pertamina Lubricants

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 19:49 WIB
BRI
Foto: dok. BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bekerja sama dengan PT Pertamina Lubricants dalam rangka mendorong kemajuan industri oil dan gas Tanah Air. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan perjanjian oleh kedua belah pihak di Gedung Oil Center PT Pertamina Lubricants.

"Penandatanganan kerja sama BRI dan Pertamina Lubricants menunjukkan keseriusan perusahaan untuk menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Sejak saat ini, BRI bisa secara terukur memberikan fasilitas kredit modal kerja serta fasilitas perbankan lain kepada tiap outlet dan vendor yang bekerjasama dengan Pertamina Lubricants," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

Kerja sama dalam bentuk pemberian fasilitas vendor, outlet financing, dan pinjaman Ceria ini, dinilai Agus dapat memberikan keuntungan untuk menunjang bisnis masing-masing perusahaan, baik BRI maupun Pertamina Lubricants.

Lebih lanjut ia memaparkan terkait keuntungan yang bisa diraih oleh Pertamina Lubricants melalui kerja sama ini. Pertama, kolaborasi dengan BRI akan membuat Pertamina Lubricants bisa mendapat kepastian penyelesaian pekerjaan oleh vendor, karena adanya bantuan fasilitas pembiayaan dari BRI.

Kedua, kerja sama ini akan mempercepat waktu penerimaan pembayaran tagihan Pertamina Lubricants dari outlet yang melakukan pembayaran ke distributor, serta meningkatkan penjualan produk Lubricants sampai end user. Menurut Agus, percepatan ini akan menjadikan pengelolaan arus kas Pertamina Lubricants lebih efisien.

Adapun keuntungan kerja sama ini bagi BRI, yaitu semakin membuka kesempatan BRI untuk menyalurkan pembiayaan, baik kepada vendor maupun outlet terbaik Pertamina Lubricants dengan risiko yang termitigasi. Selain itu, Agus menyampaikan bahwa kerja sama dengan Pertamina Lubricants ini tidak hanya dapat memperbesar pangsa pasar layanan perbankan di luar layanan pembiayaan, tapi juga pada layanan dan produk lainnya.

"Pemberian fasilitas kredit modal kerja kepada vendor maupun outlet terbaik Pertamina Lubricants ini merupakan salah satu komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan layanan Pertamina Lubricants kepada seluruh pelanggan bisa semakin optimal," pungkasnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa kerja sama antara pihaknya dengan Pertamina Lubricants sebenarnya telah terjalin sejak beberapa tahun lalu, di mana saat ini Pertamina Lubricants menjadi salah satu perusahaan pengguna layanan BRI dalam hal pengelolaan giro operasional dan distributor financing. Meski begitu ia mengakui, tidak menutup kemungkinan kerja sama kedua perusahaan akan terus berlanjut dan bahkan ditingkatkan di masa mendatang.

(prf/hns)