Cetak Rekor, Kapitalisasi Pasar BRI Tembus Rp 600 Triliun

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 23:05 WIB
Gedung BRI
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kinerja saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali mencatatkan milestone di pasar modal Indonesia. BBRI menjadi emiten BUMN pertama di mana kapitalisasi pasarnya menembus angka Rp 600 triliun, atau lebih tepatnya Rp 603,06 triliun.

Pada perdagangan hari ini (20/1) BBRI sempat menyentuh level tertinggi pada Rp4.920/saham dan ditutup pada harga Rp 4.890/saham atau naik 5,8%.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan pencapaian tersebut merupakan apresiasi positif dari investor, seiring langkah BRI yang terus fokus di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta partisipasi aktif dalam pemulihan UMKM dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Saat ini Price to Book Value (PBV) saham BBRI mencapai 3 kali (3.12) yang merupakan tertinggi sejak tahun 2014. Meningkatnya kapitalisasi pasar menjadi Rp 603,06 triliun, menempatkan BRI sebagai BUMN dengan Market Cap terbesar, dan Bank dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga di Asia Tenggara.

"BRI berkomitmen akan terus men-deliver value bagi para stakeholders melalui pertumbuhan yang sustainable. Kami akan terus mencari sumber pertumbuhan baru melalui ekosistem pasar, digital dan desa," jelas Sunarso dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

Sebelumnya Saham BRI mencatat rekor tertinggi pada harga Rp 4.790/ lembar pada penutupan perdagangan hari Rabu (13/1). Hal tersebut merupakan pencapaian bagi perseroan karena angka tersebut menjadi rekor saham tertinggi BBRI sepanjang sejarah (all time high).

(prf/ega)