Bisikan Jokowi ke Erick Thohir Soal Bank Syariah Indonesia

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 06:21 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

BSI adalah penggabungan PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS), PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri. BSI menggunakan kode saham BRIS di Bursa Efek Indonesia.

BSI diresmikan oleh Jokowi pada 1 Februari 2021. Setidaknya, ada empat arahan yang disampaikan Jokowi untuk bank yang baru berdiri tersebut.

Pertama, Jokowi ingin Bank Syariah Indonesia terbuka. Menurut Jokowi, bank tersebut harus menjangkau lebih banyak masyarakat di Tanah Air.

"Jadi jangan berpikir Bank Syariah Indonesia ini hanya untuk umat muslim saja, yang non muslim pun juga harus diterima dan disambut baik menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia," kata Jokowi, Senin (1/2/2021).

Kedua, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia memaksimalkan penggunaan teknologi. Hal ini untuk menjangkau masyarakat yang selama ini belum tersentuh layanan lembaga keuangan.

Ketiga, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia agar menarik milenial. Dia bilang, jumlah generasi milenial saat ini mencapai 25,87% dari total penduduk Indonesia.

Keempat, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia memiliki produk dan layanan keuangan yang kompetitif, harus bisa melayani berbagai segmen mulai dari UMKM, korporasi dan ritel.

Halaman


Simak Video "Muhammadiyah Minta Bank Syariah Indonesia Berpihak ke UMKM"
[Gambas:Video 20detik]

(toy/zlf)