Diborong Tesla Rp 21 T, Harga Bitcoin Tembus Rp 665 Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 10:32 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Harga bitcoin terus melambung tinggi dan kembali mencetak rekor. Siang ini, harga bitcoin masih terparkir di harga Rp 600 jutaan.

Dari data perdagangan di laman coinbase.com yang dilihat detikcom pada Selasa (9/2/2021), per pukul 10.05 WIB bitcoin tercatat terparkir di harga Rp 639 juta per keping. Rekornya bitcoin diperdagangkan seharga Rp 665 juta pada hari ini tepat di pukul 07.05 WIB.

Sejak Desember lalu, harga bitcoin memang perlahan-lahan terus naik. Di bulan Desember 2020, bitcoin merangsek ke level Rp 400 jutaan, lalu masuk ke level Rp 500 jutaan di bulan Januari 2021.

Adapun kenaikan besar terjadi salah satunya disebabkan oleh langkah CEO Tesla Elon Musk yang terus mempromosikan penggunaan mata uang kripto yang satu ini.

Bahkan, Tesla baru saja membeli bitcoin senilai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000). Setelah aksi beli tersebut, Tesla juga membuka peluang menerima pembayaran pembelian mobil dengan bitcoin.

Langkah tersebut kemudian mengerek harga bitcoin naik lebih dari 10%. Seperti dikutip dari Reuters, Senin (8/2/2021), analis menyatakan, langkah Tesla tersebut bakal menjadi penentu pergerakan bitcoin.

Sebagai pendukung bitcoin yang terkenal, CEO Tesla Elon Musk telah meningkatkan kepemilikan pada mata uang digital dogecoin dan saham GameStop.

Elon Musk pernah mengatakan bitcoin 'di ambang' untuk diterima lebih luas di antara investor. Pada Desember lalu, ia juga bertanya apakah mungkin melakukan transaksi besar dengan mata uang digital tersebut.

"Saya pikir kita akan melihat percepatan perusahaan yang ingin mengalokasikan ke bitcoin, sekarang setelah Tesla membuat langkah pertama," kata Eric Turner, wakil presiden intelijen pasar di riset cryptocurrency dan perusahaan data Messari.

"Salah satu perusahaan terbesar di dunia sekarang memiliki bitcoin dan dengan ekstensi, setiap investor yang memiliki Tesla juga memiliki eksposur terhadapnya," sambungnya.

Simak juga Video "Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia":

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)