ADVERTISEMENT

Rentetan Cuitan Elon Musk Soal Bitcoin dari Tahun ke Tahun

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 11:54 WIB
FILE PHOTO: Tesla Chief Executive Office Elon Musk speaks at his companys factory in Fremont, California, U.S., June 22, 2012.   REUTERS/Noah Berger/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk telah menunjukkan lebih dari sekadar minat pada bitcoin. Dia pun Sering kali cuitannya pun berdampak pada harga bitcoin.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Kabar Musk yang menginvestasikan US$ 1,5 miliar dalam bitcoin menggemparkan dunia. Mata yang digital itu meroket lebih dari 10% ke rekor tertinggi.

Dikutip dari Reuters, Selasa (9/2/2021) Berikut, timeline komentar Musk tentang bitcoin selama bertahun-tahun.

2017

27 November: Mantan karyawan magang di SpaceX mengklaim Elon Musk adalah pencipta bitcoin. Namun, Musk melalui Twitternya mengatakan itu tidak benar.

"Seorang teman mengirimi saya sebagian dari bitcoin beberapa tahun, tetapi saya tidak tahu di mana itu," tulisnya.

2018

22 Februari: Saat ditanya tentang kepemilikan bitcoin oleh salah satu pengikut Twitternya, Elon Musk berkata, "Saya benar-benar tidak memiliki cryptocurrency, selain 0,25 bitcoin yang dikirim seorang teman kepada saya beberapa tahun yang lalu."

2019

19 Februari: Musk mengatakan Tesla akan menjauh dari cryptocurrency, meskipun menyebut struktur Bitcoin brilian. "Menurut saya, tidak ada gunanya menggunakan sumber daya Tesla untuk terlibat dalam crypto," katanya

20 Februari: Musk mengatakan uang kertas hilang dan cryptocurrency akan menjadi cara yang lebih baik untuk mentransfer nilai.

21 Februari: Musk men-tweet, "Saya masih hanya memiliki 0,25 BTC, yang dikirim seorang teman kepada saya beberapa tahun yang lalu. Tidak memiliki kepemilikan crypto."

Lihat juga Video: Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia

[Gambas:Video 20detik]



2020

10 Januari: Musk menuliskan di Twitternya, "Bitcoin bukan kata aman saya."

20 Desember: "Bitcoin adalah kata aman saya." Beberapa lama kemudian Musk menuliskan lagi, "Cuma bercanda, siapa sih yang butuh kata aman!?"

20 Desember: Dalam pertukaran Twitter dengan Michael Saylor, CEO MicroStrategy Inc, yang juga merupakan pendukung mata uang digital, Musk bertanya tentang kemungkinan mengubah "transaksi besar" dari neraca Tesla Inc menjadi bitcoin.

2021

29 Januari: Musk menambahkan tagar #bitcoin ke bio Twitter-nya, yang menyebabkan lonjakan harga cryptocurrency terbesar sebesar 14%. Pada bulan Januari, total nilai pasar semua mata uang kripto mencapai lebih dari US$ 1 triliun untuk pertama kalinya.

1 Februari: Dalam obrolan di aplikasi media sosial Clubhouse, Musk berkata, "Saya adalah pendukung bitcoin." Dia mengatakan bitcoin di ambang penerimaan luas dari orang-orang keuangan konvensional.

Musk pun mengungkap penyesalannya karena baru menggunakan bitcoin dan merasa seharusnya membelinya bertahun-tahun yang lalu.

4 Februari: Selain bitcoin, Musk juga men-tweet soal uang digital meme, Dogecoin. Dia kemudian mentweet, "Dogecoin adalah crypto orang-orang." Akhirnya, dogecoin melonjak lebih dari 60%. Dengan nilai pasar sekitar US$ 10 miliar, Dogecoin kini menjadi cryptocurrency delapan terbesar.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT