Apa Itu Dogecoin yang Dipopulerkan Elon Musk?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 13 Feb 2021 21:47 WIB
Dogecoin
Foto: The Independent/Apa Itu Dogecoin yang Dipopulerkan Elon Musk?
Jakarta -

Dogecoin populer usai dicuit oleh orang terkaya dunia yang juga pendiri Tesla dan CEO SpaceX, Elon Musk. Bahkan gara-gara cuitan Twitternya, harga Dogecoin melesat tinggi.

Berikut beberapa hal tentang dogecoin:


1. Pengertian

Dogecoin adalah nilai tukar mata uang kripto seperti bitcoin. Koin digital ini diiniasi pada tahun 2013 oleh Jackson Palmer dan Billy Markus.

Jackson Palmer saat itu Product Manager Adobe Inc di Sydney, Australia. Sedangkan Billy Markus adalah developer software di IBM, Portland, Amerika.

2. Berlogo Anjing

Logo dogecoin diambil dari meme 'doge' yang merupakan anjing Shiba Inu asal Jepang.

Dogecoin awalnya adalah sebuah lelucon. Lantas terbentuk komunitas penggemar koin 'meme' tersebut.

Dogecoin juga pernah menjadi sorotan setelah sebuah grup di Reddit bernama SatoshiStreetBets muncul dan secara intens membahas soal cryptocurrency. Grup SatoshiStreetBets dibentuk untuk meningkatkan cryptocurrency.

3. Sempat Terpuruk

Pada 2017-2018 semua mata uang kripto nilainya jatuh termasuk Dogecoin. Bahkan puncaknya, Dogecoin pernah dijual 18 sen dolar dan nilai pasar USD 2 miliar. Dogecoin kembali bangkit pada pertengahan 2019


4. Diviralkan Elon Musk

Dogecoin diviralkan oleh Elon Musk pada awal Januari 2020. Elon Musk sempat mencuit tentang Dogecoin.

10 Januari 2020: Musk menuliskan di Twitternya, "Bitcoin bukan kata aman saya."

20 Desember 2020: "Bitcoin adalah kata aman saya." Beberapa lama kemudian Musk menuliskan lagi, "Cuma bercanda, siapa sih yang butuh kata aman!?"

Bahkan pada 29 Januari 2021, Musk menambahkan tagar #bitcoin ke bio Twitter-nya, yang menyebabkan lonjakan harga cryptocurrency terbesar sebesar 14%. Pada bulan Januari, total nilai pasar semua mata uang kripto mencapai lebih dari US$ 1 triliun untuk pertama kalinya.

5. Pesaing Bitcoin

Dogecoin disebut menjadi pesaing baru Bitcoin. Bila dihitung tahunan, harga DOGE naik 592%. Perlu dicatat, harga DOGE pada Januari 2020 masih Rp 28 dan pada 3 Januari 2021 melambung menjadi Rp 194.

Di Indonesia, transaksi jual beli dogecoin tercatat dalam beberapa hari terakhir transaksi melebihi volume Rp 100 miliar sehari. Bahkan menjadi salah satu aset mata uang kripto terfavorit yang dibeli.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)