Gokil! Harga Bitcoin Nyaris Tembus Rp 700 Juta per Keping

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 09:27 WIB
SALT LAKE CITY, UT - APRIL 26: A pile of Bitcoins are shown here after Software engineer Mike Caldwell minted them in his shop on April 26, 2013 in Sandy, Utah. Bitcoin is an experimental digital currency used over the Internet that is gaining in popularity worldwide. (Photo by George Frey/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Mata uang digital bitcoin terus melambung tinggi. Bahkan, bitcoin baru-baru ini mau menembus level US$ 50.000 atau sekitar Rp 700 juta (kurs Rp 14.000).

Seperti dikutip dari CNN, Senin (15/2/2021), bitcoin telah mencapai rekor US$ 49.714,66. Bitcoin masih mengalami penguatan sebesar 4% dalam 24 jam terakhir.

Investor telah mendorong harga bitcoin melesat selama pandemi COVID-19. Sebab, Federal Reserve memangkas suku bunga mendekati nol pada Maret 2020 yang berpengaruh pada melemahnya dolar AS.

Kondisi tersebut membuat bitcoin menjadi mata uang yang menarik. Adanya batas untuk jumlah bitcoin membuat investor percaya setelah persediaan habis nilainya hanya dapat meningkat.

Keterlibatan investor besar membuat bitcoin melonjak. Minggu lalu, Tesla menyatakan akan segera menerima transaksi dengan mata uang digital. Kemudian, Tesla juga menyatakan akan memegang sebagian dari keuangannya dalam bentuk bitcoin.

Pada hari Rabu, Mastercard mengumumkan akan mendukung mata uang kripto tertentu langsung di jaringannya pada akhir tahun ini. Itu menjadi salah satu tonggak bitcoin.

Square dan PayPal baru-baru ini mulai memungkinkan pelanggan untuk berdagang bitcoin, tetapi Mastercard akan menjadi platform utama bitcoin.

Simak video 'Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)