Mengenal Program THT dan Pensiun Taspen bagi ASN hingga PPPK

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2021 11:42 WIB
Layanan Taspen
Foto: dok. Taspen
Jakarta -

PT Taspen (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah BUMN yang mendapat tugas dari pemerintah untuk mengelola Program Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Pejabat Negara, PPPK dan Tenaga Honorer pada pemerintah.

Menurut SVP Corporate Secretary PT Taspen (Persero) Muhamad Ali Mansur, Taspen mengelola berbagai program di antaranya Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM).

"Program Tabungan Hari Tua (THT) adalah Program Asuransi terdiri dari Asuransi Dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan Asuransi Kematian," ujar Ali Mansur dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2/2021).

Ali menuturkan pembayaran manfaat THT dalam program ini dibayarkan melalui Layanan Klaim Otomatis di mana pada saat peserta memasuki Batas Usia Pensiun (BUP), manfaat THT akan secara otomatis dibayarkan kepada rekening peserta.

"Selain manfaat THT, dalam program ini peserta juga memperoleh manfaat Asuransi Kematian apabila Peserta Meninggal Dunia, Istri/Suami Peserta (yang dinikahi sebelum pensiun) Meninggal Dunia, dan Anak Peserta (yang lahir sebelum pensiun) Meninggal Dunia (maksimal 3 kali kejadian)," jelasnya.

Program Pensiun, kata dia, adalah program yang memberikan penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan Hari Tua dan Penghargaan atas Jasa-jasa pegawai Negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas Pemerintah.

"Manfaat yang diterima peserta pada program Pensiun meliputi Pensiun Bulanan, Uang Duka Wafat, Pensiun Terusan, Pensiun Janda/Duda/Yatim-Piatu, Pensiun ke-13, dan THR," ungkapnya.

Bagi para peserta yang ingin mengetahui persyaratan dalam mengurus THT dan Pensiun dapat melihat atau mengakses syarat tersebut pada Taspen Mobile V2, aplikasi TASPEN-Care atau website TASPEN www.taspen.co.id. Peserta dapat mengajukan klim secara online melalui halaman eklim.taspen.co.id (e-Klim TASPEN).

Dalam mengelola program jaminan sosial ASN dan Pejabat Negara, Taspen mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku yaitu UU ASN No.5/2014, UU 11 Tahun 1969 tentang Pensiun, dan PP 25 Tahun 1981 jo PP 20 Tahun 2013 tentang THT.

Sebagai kanal informasi, peserta dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.taspen.co.id, dan media sosial Facebook @taspen, Twitter @taspen, dan Instagram @taspen.kita.

(prf/hns)