Bank Mana yang Pertama Punya Mesin ATM Setor Tarik?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 16:00 WIB
Indonesia Open kembali digelar di Istora Senayan pada 3-8 Juli 2018. Berbagai fasilitas untuk penonton, mulai dari arena bermain hingga mesin ATM disiapkan untuk mendukung kompetisi tersebut.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mesin ATM biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengambil uang tunai. Tapi beberapa tahun belakangan, mesin ATM ini juga bisa melayani setor tarik atau recycle ATM juga lho.

Dikutip dari bca.go.id disebutkan Cash Recycling Machine ini pertama kali dikenalkan di Jepang pada 1985, kemudian disusul Korea pada 1995. Nah sejak saat itu pertumbuhan recycle ATM ini sangat signifikan.

Apalagi negara Asia lainnya seperti China, Taiwan, Thailand dan Malaysia juga mulai menggunakan.

Tahukah detikers, bank mana yang memperkenalkan ATM Setor Tarik ini?

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini adalah bank pertama di Indonesia yang mulai mengenalkan ke nasabahnya. Saat BCA meluncurkan mesin ini diharapkan tak ada lagi nasabah yang kesulitan ketika ingin melakukan penyetoran uang tunai, penarikan uang tunai, membayar tagihan hingga membeli voucher.

Kemudian PT Bank CIMB Niaga Tbk juga memiliki mesin tarik setor tunai ini. Dalam praktiknya keuntungan menggunakan mesin setor tunai dan mesin tarik setor tunai ini adalah bisa melihat informasi rekening dan informais mutasi rekening 10 transaksi terakhir.

Di mesin ATM ini juga bisa membayar tagihan, isi ulang prabayar, transfer ke rekening CIMB Niaga maupun rekening bank lain anggota ATM Bersama/Prima.

Lalu Bank Mandiri juga memiliki mesin ATM Setor Tarik yang berfungsi sebagai fasilitas setor tunai, tarik tunai, transfer antar rekening Mandiri, transfer antar bank, pembayaran atau pembelian hingga cek saldo.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga memiliki cash recycle machine di sejumlah titik.



Simak Video "Seorang Mahasiswa di Pinrang Gasak Kartu ATM Kakeknya Rp 189 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)