Musim Banjir Begini, Simpan Uang Aman di Bank atau Rumah?

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 19:14 WIB
Banjir merendam Jalan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021) siang. Warga pun mengandalkan ojek gerobak untuk menyeberangi banjir di jalan tersebut.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Banjir menjadi ancaman di tengah hujan yang terus-menerus turun beberapa hari terakhir. Selain nyawa orang tersayang, harta benda juga perlu diselamatkan lho.

Harta berbentuk kertas seperti uang merupakan salah satu yang rawan rusak diterpa banjir. Jika begitu, selama musim banjir seperti ini mending simpan uang di bank atau di rumah?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengatakan di musim banjir ini harus memiliki pegangan uang tunai, namun secukupnya saja. Untuk itu, baik di rumah maupun di bank keduanya sama penting untuk simpan uang.

"Solusinya paling nggak dibagi dua, separo tetap di bank, separo lagi tetap ada di rumah," kata Andy kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Andy menjelaskan jika menyimpan uang hanya di bank selama musim banjir, dapat berisiko seperti gangguan ATM, entah karena ikut terendam air atau karena mati listrik. Namun jika menyimpan semua uang di rumah juga dapat berisiko mengalami kerusakan uang dalam jumlah besar.

"Tuannya kenapa dibagi dua? Untuk meminimalisir risikonya. Kalau di rumah semuanya, kita akan kesulitan membawanya (saat mengungsi) dan malah justru rusak, makanya sebagian kita masukkan di rekening bank saja. Cuma kalau di rekening semua juga risikonya kita akan jadi kesulitan mengaksesnya," imbuhnya.

Namun Perencana Keuangan Eko Endarto lebih menyarankan untuk simpan uang di bank selama musim banjir. Pasalnya, saat ini dianggap sudah banyak alternatif untuk mengambil uang dari rekening.

"Tetap di bank lebih aman dari sisi risiko. Walaupun mesin error, saat ini sudah banyak alternatif ambil tunai misalnya di minimarket atau lewat internet banking," kata Eko.



Simak Video "Angke Hulu Siaga 1, 8 Wilayah Ini Potensi Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/dna)