Dear Nasabah... Ini Etika Pakai ATM Biar yang Antre Nggak Kesal

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 12 Mar 2021 14:53 WIB
ilustrasi ATM
Foto: iStock
Jakarta -

Mesin ATM jadi tempat favorit orang untuk menarik uang tunai dan transaksi pembayaran lainnya. Walaupun sebenarnya sudah banyak cara lain seperti tarik tunai di kasir minimarket (buat beberapa bank) dan transaksi non tunai lainnya di mobile dan internet banking atau bahkan mesin ATM non tunai.

Kadang antre di mesin ATM memang bikin kesal, apalagi ada orang yang transaksi terlalu lama dan banyak sampai menyebabkan antrean yang panjang.

Memang untuk transaksi di mesin ATM ini tak ada etika atau aturan tertulis di mesin tersebut. Namun karena mesin ATM adalah fasilitas bersama, dibutuhkan habit dan attitude yang baik saat menggunakannya.

Jangan sampai seperti kasus 2018 lalu, yakni keributan dua wanita di Kabupaten Bandung karena terlalu lama bertransaksi. Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Antre di Luar Bilik

Andy mengungkapkan jika ada mesin ATM yang stand alone di dalam satu bilik. Harus mengantre di luar karena ruangan yang hanya muat satu orang. Apalagi kalau tak berkepentingan ya memang lebih baik menunggu di luar.

Jika di ATM Minimarket atau Lobby Bank

Beri jarak, jangan sampai terlalu rapat. Biasanya jarak antre adalah 1 meter di belakang orang yang sedang menggunakan mesin.

Jangan Kepo Intip Layar

Andy mengatakan saat mengantre jangan selalu ingin tahu berapa uang yang ada di layar orang yang menggunakan mesin ATM. "Dia mau bayar apapun dan uang berapapun bukan urusan kita," kata dia.

Namun memang saat ini sudah banyak mesin ATM yang menggunakan screen protector jadi layar tak akan bisa diintip dari sisi kiri dan kanan orang lain.

Kalau Transaksi Banyak, Antre Lagi

Andy mengatakan jika memang jumlah transaksi banyak. Bisa menyelesaikan dulu 2 transaksi kemudian ikut antre lagi di paling belakang. Hal ini agar tak terjadi antrean yang terlalu panjang dan tak membuat orang lain kesal.

Siapkan Kartu dan Nomor Tujuan Sebelum Transaksi

Hal ini harus dilakukan sejak masih di rumah. Sehingga ketika sudah di depan mesin ATM tak perlu lagi mencari-cari kartu atau nomor rekening atau nomor untuk bertransaksi. Proses pencarian ini biasanya cukup memakan waktu lho.

Hitung Uang, Kemudian Bergeser

Jika melakukan tarik tunai, setelah proses selesai. Maka hitung uang jangan di depan mesin ATM jika masih ada orang yang mengantre di belakang.

(kil/fdl)