Subsidi Bunga KPR Cair, Cek Cicilan Rumahmu Sekarang!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 25 Mar 2021 11:17 WIB
Foto aerial perumahan subsidi di Kelurahan Pesurungan, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai penyalur KPR Subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), mengalokasikan anggaran untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada 2020 sebesar Rp11 triliun untuk memfasilitasi 102.500 unit rumah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/pd.
Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Jakarta -

Subsidi KPR sudah mulai diberikan kepada masyarakat, salah satunya lewat bank BTN. Jadi, bagi Anda yang tagihan cicilannya berkurang tidak perlu kaget, bisa jadi cicilan itu sudah mendapatkan subsidi bunga KPR.

Menurut penjelasan Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu beberapa waktu lalu, memang benar ada penurunan besar cicilan KPR nasabah. Hal ini karena pemerintah telah mencairkan dana subsidi bunga KPR kepada BTN.

"Memang dulu ada program pemulihan ekonomi nasional. Kalau ingat ada PMK yang pembayaran bunga KPR nya sampai tipe 70," kata Nixon dalam konferensi pers, Rabu (10/3/2021).

Nixon mengungkapkan program subsidi bunga tersebut akan didapatkan selama 3-6 bulan, dan saat ini sudah mulai disalurkan. Adapun program yang dimaksud Nixon adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa pemberian subsidi bunga KPR yang tercantum dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020.

Beleid itu mengatur tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Uang itu dibayarkan untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan BTN," tetas Nixon.

Dalam aturan itu, pemerintah memang memberikan insentif bunga KPR kepada debitur yang membeli rumah tipe 70 ke bawah. Di atas tipe 70 tidak akan mendapatkan subsidi bunga KPR.

Persyaratannya adalah nasabah memiliki NPWP, plafon kredit maksimal Rp 10 miliar dan baki debet hingga 29 Februari 2020. Nasabah juga wajib mengantongi predikat kredit lancar per 29 Februari 2020.

Nixon menyebutkan uang subsidi bunga KPR yang harus disalurkan pihaknya sudah mulai cair belum lama ini, karena itu BTN langsung mendistribusikan ke nasabah. Ini artinya tagihan bunga KPR milik nasabah sebenarnya dibayar oleh pemerintah.

Untuk subsidi bunga KPR ini pemerintah mengucurkan dana Rp 2,1 triliun ke BTN. Bagi nasabah KPR BTN bisa mendatangi kantor cabang BTN terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut apabila tiba-tiba cicilan KPR-nya menjadi berkurang.

"Mungkin teman-teman (nasabah) mikirnya kok ada tagihan gue dibayarin? Gitu kan? Jadi seakan-akan (cicilan KPR-nya ) turun. Ini bisa dicek dengan datang ke kantor cabang BTN terdekat," ujar Nixon.

Lihat juga Video: Bos BCA Bicara DP KPR 0%: Tak Ada Batas Kuota, Tapi...

[Gambas:Video 20detik]



(hal/eds)