Ternyata Ini Produk Asuransi yang Bikin Nasabah AIA Merasa Tertipu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 15:10 WIB
Pentingnya Punya Asuransi Jiwa
Foto: Pentingnya Punya Asuransi Jiwa (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Ribuan nasabah asuransi AIA membuat grup Facebook yang isinya membahas terkait jumlah uang yang berkurang drastis dan tidak sesuai dengan janji agen. Selain itu juga banyak nasabah yang mengeluhkan ketika ingin mencairkan dana atau menutup polis namun berbelit-belit.

Sebenarnya produk asuransi apa sih yang bikin nasabah ini geram?

Salah satu nasabah Asuransi AIA Maria Trihartati mengungkapkan jika sebelumnya dia ditawarkan produk asuransi unit link. Unit link ini adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan sekaligus investasi kepada nasabahnya.

Maria mengatakan saat ia ditawarkan oleh agen, sang agen asuransi AIA hanya memberikan informasi proyeksi keuntungan dan tidak sama sekali menjelaskan risiko-risiko apa saja yang kemungkinan akan ditemui.

"Mereka itu kalau menawarkan asuransi hanya memberikan ilustrasi, kalau ekonomi bagus ya bisa dapat segini. Tidak menjelaskan risiko-risiko yang mungkin akan didapatkan oleh nasabah," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (26/3/2021).

Dia mengungkapkan seharusnya perusahaan asuransi selain jualan juga harus memberikan edukasi kepada calon nasabahnya. Jadi tidak seolah memaksa calon nasabah untuk masuk.

Bagaimana tanggapan nasabah asuransi AIA lainnya? klik halaman berikutnya.

Kemudian nasabah lainnya Titin Herlianah juga menjelaskan para agen ini tidak menginformasikan dengan jelas terkait produk-produk tersebut. Biasanya para agen ini menawarkan produk kepada nasabah di kantor cabang bank.

"Sebelum beli produk asuransi itu memang harus tanya detail dulu, kalau perlu direkam tuh omongan agen waktu menjelaskan," jelas dia.

(kil/fdl)