The Fed Pede Inflasi Terkendali, Suku Bunga Ditahan

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 09:28 WIB
Suku Bunga The Fed Naik
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta -

Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed mempertahankan suku bunga di kisaran nol hingga seperempat persen. Hal itu dilakukan sampai Fed mencapai tujuan maksimum lapangan kerja dan inflasi sekitar 2% dalam jangka panjang.

Untuk memastikan ekonomi tetap pada jalurnya, bank sentral akan melanjutkan pembelian aset bulanannya yang terdiri dari sekurang-kurangnya US$ 80 miliar dalam sekuritas Treasury dan sekuritas berbasis mortgage US$ 40 miliar. Demikian dilansir detikcom dari CNN, Kamis (29/4/2021).

Di sisi lain para investor semakin gelisah bahwa pembukaan kembali ekonomi dapat menyebabkan lonjakan inflasi yang tiba-tiba. Itu dapat memaksa The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih cepat. Namun bank sentral menegaskan bahwa kenaikan suku bunga tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

The Fed mengatakan pihaknya siap untuk menyesuaikan kebijakan moneter jika risiko muncul. The Fed menegaskan kembali bahwa mereka meyakini kenaikan harga selama pembukaan kembali ekonomi akan bersifat sementara, dan tidak akan banyak mengubah ekspektasi inflasi dalam jangka panjang.

Hambatan dalam rantai pasokan global yang juga menaikkan harga juga bersifat sementara, meskipun pihaknya sulit untuk memprediksi berapa lama hal itu akan diselesaikan.

(toy/fdl)