KB Bukopin Pasang Target Penyaluran Kredit Tumbuh 10% di 2023

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 15:36 WIB
Bukopin
Foto: Bukopin
Jakarta -

KB Kookmin Bank mengejar normalisasi bisnis perusahaan di tengah pandemu. Target cukup tinggi dipasang dalam dua tahun ke depan. President Director KB Bukopin Rivan Achmad Purwantono menyampaikan proses recovery likuiditas perusahaan sudah mencapai sekitar 77 persen.

Ia menyebut pemulihan bisnis KB Bukopin bukan hal yang mudah, tapi perusahaan sudah bekerja maksimal dan sesuai dengan trek yang ditetapkan.

"Tetapi yang paling penting Bank KB Bukopin telah menjadi bank operasional dan menjadi bank placement yang baik bagi perseroan," ungkapnya dalam konferensi pers, Senin (7/6/2021).

Rivan menguraikan pihaknya telah memasang target yang jelas sampai dua tahun ke depan. Penyaluran kredit sampai dengan tahun 2023 ditargetkan bisa meningkat lebih dari 10 persen.

"Kemudian bagaimana dengan deposito? Deposito kita harapkan bisa tumbuh sampai 22 persen. Artinya memang harus ekstrem (target kinerja). Ini pun kita prediksikan pada saat tahun 2023 (bisnis perusahaan) sudah kembali sangat normal," tegas Rivan.

Ia menambahkan fokus bisnis perusahaan tidak berubah, yakni menyasar segmen ritel yang di dalamnya mencakup layanan untuk UMKM dan kredit consumer.

Rivan menerangkan internal KB Bukopin terus berbenah dengan melakukan berbagai transformasi bisnis. Salah satunya, yakni penyaluran kredit yang dilakukan sangat berhati-hati dan selektif.

"Transformasi yang kita lakukan tidak hanya transformasi business process tapi bagaimana proses terhadap keputusan-keputusan kredit yang berdasarkan risk management, " ulas Rivan.

Menurut Rivan, tata kelola perusahaan yang baik akan diterapkan oleh KB Bukopin agar dapat memperoleh kepercayaan publik. Hal itu dianggap sebagai faktor penting untuk mendukung upaya normalisasi bisnis perusahaan.

"Perbaikan kualitas GCG sangat penting bagi perseroan, terutama di tengah pandemi, dan dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik. Hal ini merupakan kelanjutan komunikasi yang baik dan harus selalu dijaga antara Perseroan dan dua pemegang saham tersebut," tegas Rivan.

KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali turut mendukung dan mendampingi KB Bukopin untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Director Global Bisnis KB Kookmin Bank Cho Nam Hoon menjelaskan pihaknya tengah melakukan transfer knowledge ke KB Bukopin hingga target transformasi KB Bukopin berjalan sesuai rencana yang ditetapkan.

"Fokus KB saat ini adalah untuk memajukan bisnis KB Bukopin yang pada akhirnya akan dapat menaikkan nilai investasi para pemegang saham. Dengan adanya kesepakatan yang telah dicapai bersama Bosowa, tentu akan memberikan dampak luar biasa bagi sinergi kami sebagai pemegang saham untuk kemajuan KB Bukopin," paparnya.

(mul/hns)