Konsumen RI Makin Optimis, Ekonomi Makin Kuat?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 11:05 WIB
Pemerintah memberikan berbagai insentif guna tingkatkan daya konsumsi masyarakat di masa pandemi. Hal itu dilakukan untuk percepat pemulihan ekonomi nasional.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) melakukan survei konsumen periode Mei 2021 dan mengindikasikan optimisme konsumen melihat kondisi ekonomi yang terus menguat.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Mei 2021 sebesar 104,4 naik dibandingkan periode April 2021 sebesar 101,5.

"Keyakinan konsumen terpantau membaik pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, tingkat pendidikan dan kelompok usia responden," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (9/6/2021).

Dia menjelaskan berdasarkan wilayah, paling tinggi terjadi di Medan, Surabaya dan Manado mencatatkan keyakinan konsumen yang membaik.

Berdasarkan hasil SK, penguatan optimisme konsumen pada Mei 2021 didorong oleh persepsi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi saat ini meskipun masih berada pada area pesimis (<100).

"Hal tersebut didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama," ujarnya.

BI juga mencatat pendapatan konsumen yang digunakan untuk belanja pada Mei 75,8%. Kemudian pendapatan konsumen yang ditabung sebesar 14,6%, relatif stabil dibandingkan 14,8% dan rata-rata rasio pembayaran cicilan utang sebesar 9,6% relatif sama dibandingkan periode bulan sebelumnya 9,7%.

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terpantau relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya. Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja meningkat, sementara ekspektasi terhadap kegiatan usaha dan penghasilan cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan level pada bulan sebelumnya.

Simak juga video 'Menko Perekonomian Yakin Ekonomi RI Bisa Tembus 8%':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)