DPR Panggil Bos-bos Bank BUMN Bahas Dampak Pandemi COVID-19

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 15:08 WIB
Komisi VI Panggil Bos Pertamina Bahas Kilang hingga Subsudi
Ilustrasi/Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Komisi VI DPR RI memanggil sejumlah direktur utama bank BUMN untuk rapat dengar pendapat (RDP) siang ini. Rapat ini membahas tindak lanjut kunjungan kerja reses Komisi VI pada Februari 2021 lalu di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Adapun bank pelat merah yang diundang dalam rapat ini yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Rapat dibuka dan dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung. Rapat dimulai sekitar pukul 14.20 WIB.

"Rapat dengar pendapat kali ini Komisi VI DPR RI ingin mengetahui secara langsung dampak pandemi COVID-19 terhadap kinerja perbankan khususnya bank BUMN," katanya seperti disiarkan lewat YouTube Komisi VI, Senin (14/6/2021).

Martin mengatakan, pihaknya juga ingin mengetahui kendala di lapangan terkait program-program pemulihan ekonomi nasional. Terlebih, pandemi COVID-19 telah berlangsung lebih dari setahun.

Lanjutnya, pihaknya juga ingin tahu strategi jangka panjang bank BUMN dalam rangka mengantisipasi pelemahan ekonomi.

"Kami ingin mengetahui strategi dan manajemen risiko bank BUMN secara jangka panjang untuk mengantisipasi pelemahan ekonomi nasional dan juga pemulihan ekonomi nasional mengingat pandemi COVID-19 yang kita hadapi saat ini masih menimbulkan berbagai macam ketidakpastian baik secara nasional maupun global," terangnya.

(acd/eds)