Akses Keuangan Syariah Makin Mudah, Kini Bank Digital Kerja Sama dengan Ritel

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 13:50 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Kerja sama antara PT Bank Aladin Syariah (BANK) dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) lewat layanan perbankan yang menggabungkan elemen online dan offline (omnichannel), dinilai sejalan dengan pengembangan ekonomi syariah.

"Kerja sama Bank Aladin dengan Alfamart sejalan pengembangan ekosistem digital syariah sebagai bagian strategis dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah," ujar Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo, Jumat (9/7/2021).

Ventje mengatakan, melalui sinergi kedua perusahaan tersebut, layanan bank syariah dapat diakses lebih mudah dan cepat oleh masyarakat lewat online, maupun lewat jaringan Alfamart secara offline. Ia menambahkan, literasi dan inklusivitas keuangan syariah juga terakselerasi.

Di samping itu, menurut Ventje, bank digital syariah akan menjadi model pengembangan layanan keuangan syariah dengan aksesibilitas yang lebih luas dengan layanan produk yang bisa digelar dengan cepat. Standarisasi pelayanan, lanjut dia, juga lebih mudah dijaga dengan biaya layanan jadi lebih murah.

"Dengan pandemi, terjadi pergeseran masif ke layanan perbankan digital, jadi prospeknya menjadi sangat menjanjikan," imbuhnya.

Di sisi lain, Ventje menuturkan bahwa layanan omnichannel memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksinya secara tunai menggunakan bank notes atau melalui transaksi digital. Keduanya, kata dia, akan mendorong masyarakat untuk punya rekening bank dan literasi keuangan syariah yang lebih cepat.

"Dengan semakin berkurangnya penggunaan uang kartal, maka perekonomian kita akan berputar lebih cepat secara efisien," tukasnya.

Sebelumnya, Bank Aladin Syariah mengumumkan telah menggandeng Alfamart dan Halodoc untuk bersama-sama melebarkan inklusi keuangan di Indonesia dengan strategi omnichannel dalam rangka mencapai potensi digitalisasi perbankan, khususnya perbankan syariah.

"Dengan melihat peluang pasar syariah di Indonesia yang sangat besar namun masih underpenetrated dalam layanan keuangan, Bank Aladin hadir bersama Alfamart dan Halodoc untuk tumbuh dan merangkul potensi pasar melalui kerjasama yang inovatif dari masing-masing perusahaan," ujar Direktur Operasional Bank Aladin, Basuki Hidayat.

(fdl/fdl)