Ternyata! Ada Juga Rektor Rangkap Jabatan di Bank Syariah Indonesia

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 22 Jul 2021 15:54 WIB
Bank Syariah Indonesia
Foto: Angga Aliya Firdaus
Jakarta -

Polemik tentang rangkap jabatan Rektor UI Ari Kuncoro sebagai Komisaris Utama BRI berakhir pengunduran diri. Selain Ari ternyata ada juga rektor universitas lainnya yang merangkap menjadi komisaris di BUMN.

Di PT Bank Syariah Indonesia Tbk misalnya, di jajaran kursi komisarisnya ada nama Komaruddin Hidayat. Dia merupakan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia dan masih aktif hingga saat ini.

Mengutip situs resmi perusahaan, pria kelahiran Magelang tahun 1953 itu duduk sebagai komisaris independen di Bank Syariah Indonesia. Dia diangkat pada RUPSLB 15 Desember 2020 dan efektif menjabat pada 1 Februari 2021.

Sebelum Bank Syariah Indonesia terbentuk dari hasil merger tiga bank BUMN Syariah, Komaruddin menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Bank BNI Syariah selama hampir dua periode, yakni 2015-2019 dan 2019-2021. Sebelumnya dia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah PT Bank Syariah Mandiri pada tahun 2015-2011.

Selain menjadi komisaris, Komaruddin tentu aktif di dunia pendidikan. Dia pernah menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah selama dua periode yakni 2006-2010 dan 2010-2014.

Director Political Economy & Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan mengatakan keputusan pengunduran diri Ari Kuncoro seharusnya diikuti oleh komisaris lain yang merangkap jabatan.

"Harusnya begitu. Ya intinya harus mentaati peraturan. Pejabat jangan memberi contoh bisa melanggar peraturan seenaknya, bagaimana masyarakat bisa disiplin aturan kalau contohnya tidak benar," tuturnya.

Komisaris yang merangkap jabatan menurutnya memiliki berbagai risiko pada kinerja perusahaan. "Risiko jabatan dilarang pertama untuk menghindari benturan kepentingan yang lambat laun bisa terjadi. Contohnya rektor UI memanggil mahasiswa yang mengkritik pemerintah. Kedua, agar bisa kerja secara profesional di jabatannya masing-masing," imbuhnya.



Simak Video "Hujan Kritikan Rangkap Jabatan Rektor UI"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)