Holding Ultra Mikro Terbentuk, Ini Untungnya buat Pegawai PNM

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 08:17 WIB
sinergiultramikro-bri
Foto: detikcom/Agung Pambudhy
Jakarta -

Sinergi dari tiga entitas BUMN, yakni Bank BRI, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) telah resmi dijalankan dalam Holding Ultra Mikro (UMi). Layanan hasil peleburan ketiga entitas ini tak hanya membentuk ekosistem usaha mikro yang menguntungkan nasabah, akan tetapi juga menguntungkan para petugas dari masing-masing entitas, khususnya bagi pegawai PNM.

Adapun manfaat Holding Ultra Mikro ini turut diakui oleh pegawai PNM dengan dibentuknya Co-LocationSentra Layanan Ultra Mikro (Senyum)di Lampung Tengah. Tepatnya, pada Co-Location Senyum Unit Gotong Royong yang berada di Desa Terbanggi Subing, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Kepala Cabang PNM Gunung Sugih, Desi Vitha Bella mengungkap adanya Co-Location yang menempatkan PNM, Bank BRI, dan Pegadaian dalam satu kantor memberi berbagai kemudahan dan efisiensi bagi pihaknya. Khususnya, dalam hal penarikan dana serta setoran yang tak lagi harus memakan waktu lama.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Area PNM Bandarjaya, Feny Novitasari. Lebih lanjut, Feny menjelaskan sebelumnya pegawai PNM di cabang harus antre setiap hari di bank untuk melakukan penarikan dana yang akan dipinjamkan kepada nasabah.

"Karena PNM sudah ada ruangan di BRI, kita bisa langsung ke teller untuk tarik dana tanpa harus antre di depan. Kalau mau pencairan (ke nasabah), kami dari PNM harus narik dana juga. Di BRI itu lebih mudah, mau tarik uang berapa saja selalu disiapin dari BRI," jelas Feny kepada detikcom beberapa waktu lalu.

sinergiultramikro-bri Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Feny mengatakan adanya sinergi dari Holding Ultra Mikro ini juga membuat Account Officer (AO) PNM bisa memangkas waktu dan jarak dalam hal setoran uang angsuran pinjaman. Sebab, setoran tidak lagi harus dilakukan ke kantor PNM di Bandarjaya yang berjarak mencapai 10 km dari lokasi Co-Location Unit Gotong Royong saat ini.

"AO juga waktunya lebih efisien, karena bisa setoran ke sini (Co-Location) nggak perlu ke cabang. Jadi di cabang nggak lagi ada dana mengendap, langsung bisa setor ke bank," sebutnya.

Ia menambahkan adanya unit Co-Location ini membuat dana tak lagi mengendap di kantor cabang, sehingga pihaknya bisa memiminalisir risiko terjadinya kehilangan, perampokan, atau hal lain yang tidak diinginkan. Dana yang diterima AO setiap harinya daripenarikan angsuran di Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) bisa langsung dibawa ke unit BRI untuk disetorkan ke rekening PNM, dalam hal ini rekening PNM Mekaar Gunung Sugih.

sinergiultramikro-brioto: detikcom/Agung Pambudhy

Diketahui, beberapa keuntungan tersebut membuat pegawai PNM bisa bertugas dengan lebih efektif dalam memasarkan layanannya. Terlebih, kini petugas PNM tak hanya bisa menawarkan pinjaman PNM Mekaar kepada para perempuan pra sejahtera saja. Akan tetapi juga bisa ikut menumbuhkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat dengan memperkenalkan berbagai produk dari BRI dan Pegadaian dalam Holding Ultra Mikro ini.

Sebagai informasi, detikcom bersama BRI mengadakan program Sinergi Ultra Mikro di Bandar Lampung dan Semarang untuk memantau upaya peningkatan inklusi finansial masyarakat melalui sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM dalam Holding Ultra Mikro. Holding Ultra Mikro berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan untuk peningkatan UMKM di Tanah Air.


Untuk informasi lebih lengkap, ikuti beritanya di https://sinergiultramikro.detik.com/.

(akn/ega)