Kantor Satu Atap BRI-Pegadaian-PNM, Ini Keuntungan Nasabah

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 09:26 WIB
Senyum adalah Sentra Layanan Ultra Mikro yang memanjakan nasabah ketiga perusahaan melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Misalnya, BRI Unit Pilar, Cikarang Utara Bekasi yang kini disulap jadi co-location bagi Pegadaian dan PNM.
Foto: Dok. Alfi Kholisdinuka/detikcom
Jakarta -

Holding Ultra Mikro yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melahirkan 'Senyum' yang memudahkan akses dan layanan kepada masyarakat.

Senyum adalah Sentra Layanan Ultra Mikro yang memanjakan nasabah ketiga perusahaan melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Misalnya, BRI Unit Pilar, Cikarang Utara Bekasi yang kini disulap jadi co-location bagi Pegadaian dan PNM.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan saat ini implementasi inisiatif co-location terdapat di 58 unit kerja BRI di seluruh Indonesia dan perseroan menargetkan 100 unit kerja co-location pada tahun 2021.

Adapun perbedaan mencolok co-location dibanding kantor unit biasa yakni nasabah Pegadaian dan PNM di Cikarang Bekasi kini bisa bertransaksi sekaligus nabung di kantor yang sama. Begitu juga sebaliknya bagi nasabah BRI yang ingin melakukan gadai bisa di co-location Senyum.

"Jadi dengan adanya Senyum ini, nasabah yang telah berhasil proses gadai di Pegadaian dan belum punya rekening jadi mudah untuk buka rekening di kantor yang sama," ungkap Kepala BRI Unit Pilar Cikarang Bekasi Chaerul Alfian kepada detikcom, Rabu (22/9/2021).

Seperti diketahui, kebanyakan nasabah Pegadaian yang datang untuk gadai akan mendapatkan uang pinjamannya secara tunai. Namun dengan adanya Senyum, proses tersebut dilakukan secara non tunai melalui rekening BRI.

Adapun saat ini layanan di BRI Unit Pilar Cikarang Bekasi untuk counter Pegadaian melayani produk gadai serta layanan investasi dalam bentuk tabungan emas hingga jasa pembayaran online. Sementara, untuk counter PNM nantinya akan melayani pembiayaan ultra mikro bagi pelaku usaha perempuan pra sejahtera.

Menurut Chaerul, adanya Sentra Ultra Mikro ini juga berdampak positif bagi layanan PNM khususnya Account Officer (AO) Mekaar. Pasalnya, AO bertugas di lapangan melakukan penagihan kepada kelompok perempuan pra sejahtera.

"Nah setelah adanya co-location ini para AO Mekaar bisa langsung menyetorkan ke BRI, karena kan satu atap. Jadi lebih aman dan simple dan bisa meminimalisir risiko terjadinya kehilangan atau perampokan di jalan," pungkasnya.

Sebagai informasi co-location BRI Unit Pilar ini sudah diset sejak Agustus lalu dan baru diresmikan menjadi Sentra Layanan Ultra Mikro pada awal September, berbarengan dengan Penandatangan Perjanjian Pengalihan Saham dalam rangka pembentukan Holding Ultra Mikro.

(akd/hns)