Pedagang Gerobak Cs Bisa Dapat Kredit UMi hingga Rp 20 Juta, Caranya?

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 17:09 WIB
Bakso gerobakan halal di Bali, Bakso Gerobak Biru
Foto: YouTube Farida Nurhan
Jakarta -

Holding Ultra Mikro (UMi) yang melibatkan tiga entitas BRI, Pegadaian dan PNM akan membantu para pelaku usaha lapisan terbawah seperti pedagang gerobak Cs mendapat kredit dari Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum). Gimana caranya?

Menurut Kepala BRI Unit Pilar Chaerul Alfian, para pedagang gerobak tersebut bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan dari PNM Mekaar di Sentra Layanan Ultra Mikro dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Jadi mereka yang belum tersentuh Kredit Usaha Rakyat (KUR), bisa akses di PNM di Senyum Cikarang ini atau melalui tenaga pemasar di lapangan," ungkapnya di Sentra Layanan Ultra Mikro Cikarang, Bekasi, Rabu (22/9/2021).

Diketahui, pembiayaan UMi diberikan kepada pelaku usaha yang belum tersentuh perbankan (unbankable). Berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang boleh meminjam uang hingga Rp 500 juta, pinjaman bagi UMi hanya boleh maksimal Rp 5 juta dan boleh naik jika usahanya naik kelas.

Financial Account Officer/FAO PNM Cikarang Imas lantas mengungkapkan syarat pembiayaan tersebut. Menurutnya, layanan permodalan PNM berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan pra sejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

"Selain itu, minimal pinjaman dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Nanti kita ada naik kelas lagi, Mekaar Naik Kelas namanya, itu dari Rp 7 juta sampai Rp 20 jutaan," ungkap Imas.

Selain itu, kata dia, pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisiplinan untuk mengikuti proses Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

"Satu kelompok minimal terdiri dari 10 nasabah terus setiap kelompok itu dipimpin oleh seorang ketua. Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) wajib dilaksanakan satu kali dalam seminggu, sebagai kegiatan untuk membayar angsuran mingguan dan pembinaan usaha," jelasnya.

Adapun syarat lainnya adalah usia debitur setidaknya 18-63 tahun dan melampirkan e-KTP dan surat-surat lain.

Dengan adanya Holding Ultra Mikro, masyarakat UMi, pedagang gerobak cs yang mau meminjam uang buat modal usaha kini bisa mendatangi Unit Kerja BRI karena disediakan counter Pegadaian dan PNM.

Kehadiran dari counter ini merupakan bagian co-location yang memanfaatkan kantor bersama untuk menghubungkan jaringan dalam menyalurkan pembiayaan ke usaha ultra mikro.

(akd/hns)