Presdir KB Bukopin Bawa Teknologi Baru buat Genjot Digitalisasi, Apa Itu?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 12:30 WIB
KB Bukopin
Foto: KB Bukopin
Jakarta -

Direktur Utama Bank KB Bukopin Chang Su Choi mengatakan perusahaan berencana mengimplementasikan The Next Generation Banking System (NGBS) dengan menggunakan KB Global Platform. Apa itu?

"Dengan membangun sistem The Next Generation yang sepenuhnya mencerminkan keuangan lokal, lingkungan, arah strategi bisnis, dan lingkungan digital yang berubah dengan cepat," kata Choi dalam program Ask d' Boss detikcom.

Dengan teknologi itu, pihaknya mengungkap akan memberikan, layanan yang lebih mudah, lebih cepat, nyaman, dan aman. Terutama kepada segmen utama bank, yakni bisnis ritel dan UMKM.

"Sesuai dengan visi kami untuk menjadi pemain digital utama untuk bisnis ritel dan UMKM, pengembangan teknologi kami akan fokus pada produk dari dua segmen tersebut," jelasnya.

Choi menjelaskan, dalam menggenjot digitalisasi perbankan Bank KB Bukopin telah memanfaatkan teknologi terbarukan seperti Application Programming Interface (API), Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence.

"Ke depan, Bank KB Bukopin akan meningkatkan penggunaan teknologi ini untuk mengevaluasi mekanisme pengambilan keputusan bisnis, meningkatkan proses infrastruktur dan analisis kelayakan kredit. Serta mengembangkan produk dan layanan berdasarkan bisnis unggulan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Digitalisasi ini juga tidak lepas dari rencana bank juga yang ingin menggaet nasabah muda atau generasi milenial.

"Peningkatan layanan dan proses bisnis tidak lepas dari dukungan teknologi dan aspek operasional perbankan, termasuk digitalisasi proses bisnis dan kerjasama dengan perusahaan Financial Technology dan Startup, yang juga merupakan bentuk antisipasi kehadiran segmen nasabah baru yaitu generasi milenial," pungkasnya.

(fdl/fdl)