Belanja Bisa Pakai QRIS, Apa Itu?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 21:14 WIB
Ilustrasi QR Code
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pembayaran digital saat ini sedang menjadi tren. Apalagi dengan meningkatnya penggunaan mobile phone alias handphone dan banyaknya masyarakat yang ingin praktis dan efisien saat pembayaran.

Jika dulu mesin EDC milik bank berjejer di meja kasir. Sekarang hanya satu kertas banner yang memuat gambar QR untuk pembayaran lintas aplikasi. Jadi masyarakat yang mau bayar tak perlu repot lagi. Karena satu kode bisa untuk semua.

QRIS ini memungkinkan semua orang yang punya alat pembayaran baik e-wallet sampai mobile banking bisa melakukan transaksi.

Contohnya, Achmad punya alat pembayaran GoPay, lalu Fadhly punya OVO kemudian Danang punya BCA Mobile dan Ardan punya BNI Mobile Banking. Kemudian mereka ingin membayar di toko Edo yang menyediakan QRIS. Mereka tetap bisa membayar walaupun alat pembayarannya berbeda.

Jadi tidak perlu scan kode QR khusus misalnya GoPay harus scan ke GoPay, OVO scan ke OVO. "Sesuai slogannya satu QR Code untuk semua pembayaran, apapun aplikasinya, scannya cukup di satu tempat, yakni QRIS," demikian keterangan QRIS dikutip Senin (4/10/2021).

QRIS ini diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-74 Indonesia. Saat peluncuran itu Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa QRIS yang mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju. Semangat ini sejalan dengan tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.

QRIS UNGGUL mengandung makna, yaitu Pertama, UNiversal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

Kedua, Gampang, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Ketiga, Untung, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Keempat, Langsung, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

(kil/fdl)