Mandiri Internet Bisnis: Cara Daftar Hingga Aktivasi Tokennya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 16:20 WIB
social media, closeup of hands holding smartphone in cafe, banking online, businessman with mobile internet
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Selaku salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia, Bank Mandiri selalu berusaha untuk mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Salah satunya adalah kebutuhan akan layanan internet banking. Untuk memenuhi kebutuhan nasabah tersebut, bank plat merah yang satu ini telah menyediakan layanan Mandiri Internet Bisnis (MIB).

Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah.

Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.

Adapun melansir dari situs resmi Bank Mandiri di https://www.bankmandiri.co.id/mandiri-internet-bisnis, terdapat sejumlah keuntungan bagi nasabah yang menggunakan layanan Mandiri Internet Bisnis yakni:

1. Memudahkan Nasabah untuk mengatur transaksi keuangan perusahaan.
2. Dapat digunakan Nasabah dimana saja dan kapan saja karena diakses menggunakan layanan internet.
3. Hemat dan menguntungkan, karena Nasabah tidak dikenakan biaya bulanan dan limit harian setiap fitur transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha.
4, Aman, karena aplikasi mandiri internet bisnis dilengkapi dengan sistem keaman SSL. Untuk masuk ke dalam layanan mandiri internet bisnis, Nasabah diminta untuk mengisi Company ID, User ID dan password. Untuk bertransaksi Nasabah diminta menggunakan token.

Lalu bagaimana cara nasabah agar bisa menggunakan layanan ini?

Berikut cara mendapatkan fasilitas Mandiri Internet Bisnis:

1. Nasabah dapat melakukan pendaftaran mandiri internet bisnis di kantor cabang Bank Mandiri.

2. Nasabah diwajibkan melampirkan surat-surat sebagai berikut :
- KTP, Buku Tabungan (Nasabah perorangan)
- KTP, Buku Tabungan, Surat Kepemilikan Perusahaan (Nasabah perusahaan)

3. Nasabah diwajibkan mengisi form registrasi aplikasi mandiri internet bisnis.

4. Setelah selesai mendaftar, Nasabah akan diberikan starter pack mandiri internet bisnis yang berisi buku petunjuk penggunaan dan token yang dapat diambil setelah 14 hari kerja (tergantung lokasi) di kantor cabang dimana Nasabah melakukan pendaftaran layanan mandiri internet bisnis.

5. Setelahnya Nasabah juga akan diberikan Company ID, user ID dan password first time login yang akan dikirimkan ke email Nasabah.

6. Untuk melakukan transaksi, Nasabah dapat mengakses alamat website https://mib.bankmandiri.co.id/sme yang kemudian dilanjutkan dengan mengisi field Company ID, User dan password.

Adapun sejumlah syarat untuk melakukan pendaftaran Mandiri Internet Bisnis:

1. Memiliki rekening Mandiri Giro / Mandiri Tabungan Bisnis ;

2. Mengisi dan menandatangani formulir Aplikasi MIB pada Cabang pengelola rekening dan menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening Mandiri Giro / Mandiri Tabungan Bisnis dan menunjukkan aslinya

3. Apabila dalam layanan ini akan diikutsertakan rekening pihak lain, maka Nasabah juga wajib menyerahkan asli surat kuasa dari pemilik rekening. Apabila rekening atas nama pihak lain yang digunakan untuk keperluan transaksi akan dibatalkan penggunaannya, maka Nasabah atau pemilik rekening wajib untuk memberitahukannya kepada Bank disertai dengan asli pencabutan dari pemilik rekening.

4. Membaca, memahami, menandatangani Syarat dan Ketentuan MIB.

Demikian serba-serbi mengenai layanan internet banking Mandiri Internet Bisnis. Semoga berhasil.

(eds/eds)