Bank Aladin Syariah Sabet The Most Promising Islamic Digital Bank

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 19:21 WIB
Bank Aladin Syariah
Foto: Bank Aladin
Jakarta -

PT Bank Aladin Syariah Tbk meraih penghargaan The Most Promising Islamic Digital Bank 2021 dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2021. Bank Aladin Syariah dinilai menjadi bank murni digital pertama nasional di tengah peluang besar pasar keuangan syariah Tanah Air.

Adapun penghargaan dari CNBC ini diterima secara virtual oleh Direktur Operasional Bank Aladin Syariah, Basuki Hidayat yang menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan ini. Basuki menilai penghargaan ini akan jadi pendorong pihaknya untuk bekerja dan berinovasi, serta bekerja lebih keras lagi.

"Penghargaan ini tidak lepas dari support stakeholder, semoga support, dan kerja sama ini menjadikan Bank Aladin memberikan layanan digital Syariah terbaik meningkatkan inklusi keuangan dan memberikan manfaat bagi masyarakat di masa pandemi ini," ungkap Basuki dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Kemunculan bank yang semula bernama PT Bank Net Syariah Indonesia Tbk ini sempat mencuri perhatian sejak mengubah diri menjadi bank digital murni. Saham perseroan pun diketahui terkerek naik karena investor menilai strategi ini tepat dan sangat prospektif ke depannya.

Bahkan, di sepanjang tahun berjalan saham perseroan di pasar telah meroket ribuan persen, dari harga perdana Rp 103 pada Senin (1/2) menjadi Rp 2.350/unit pada Rabu (20/10).

Beberapa waktu lalu, Aladin Syariah juga diketahui melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam rangka mendorong digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan jemaah Haji.

Basuki mengatakan kerja sama antara Bank Aladin dengan BPKH diharapkan dapat mempermudah akses layanan perbankan syariah ke depannya. Terlebih menurutnya, kerja sama ini sejalan dengan pengembangan ekosistem digital syariah sehingga layanan perbankan syariah dapat diakses dengan mudah oleh calon jamaah serta mendukung inklusi keuangan.

Tak cuma bekerja sama dengan BPKH, Bank Aladin juga membangun ekosistem pengguna dengan menjalin kerja sama bersama pelaku industri lain yang bergerak di sektor ritel. Salah satunya, dengan meneken kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) sebagai pengelola minimarket Alfamart yang memiliki 15.000 gerai di seluruh Indonesia.

Tak berhenti di situ, perseroan juga bekerja sama dengan Halodoc untuk memperluas layanan telemedicine di seluruh Indonesia. Terutama di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kerja sama omnichannel ini diharapkan dapat memperkuat basis pertumbuhan nasabah Bank Aladin ke depannya.

Sebagai informasi, Bank Aladin mengalahkan nominee di industri perbankan digital lainnya, yakni 12 bank umum syariah yang masih menjalankan bisnis secara konvensional dan hanya menggarap kolam digital Indonesia dengan layanan digital banking.

Tim Riset CNBC Indonesia mengungkap pihaknya melihat strategi perseroan dari Bank Aladin yang fokus membangun ekosistem kuat di tengah status sebagai bank digital syariah pertama di negara dengan populasi muslim terbesar dunia ini. Untuk itu, pihaknya memilih Bank Aladin sebagai pemenang penghargaan kategori "The Most Promising Islamic Digital Bank" di ajang CNBC Indonesia Award 2021.

(ncm/ega)