Dari 5 Bank Digital di RI Ini, Mana yang Paling Bikin Untung?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 12:15 WIB
Fintech
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi

Bank Neo Commerce

Bank bergambar kucing putih bernama neo ini menawarkan banyak keuntungan untuk para penggunanya. Misalnya menawarkan bunga 6% untuk uang yang disimpan mulai dari Rp 1 juta.

Selain itu ada juga penawaran topup mendapatkan bonus Rp 8.000. Hingga ada cashback hingga Rp 100 ribu untuk belanja yang pembayarannya menggunakan BNC.

Untuk biaya penarikan dana, buka tabungan/deposito, transfer ke bank lain dalam negeri atau transfer ke rekening BNC gratis. BNC juga punya produk Giro Individu, Tabungan Reguler, Tabungan Prima, Tabungan Bhakti Pensiun dan Tabungan Pelajar.

Proses pembukaan rekening terbilang mudah, karena tak perlu video call untuk verifikasi. Jika sudah dikonfirmasi maka rekening sudah jadi dan untuk login menggunakan verifikasi wajah.

Bank Neo Commerce juga punya fitur Neo Jurnal yang memungkinkan penggunanya untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Tapi saat ini Bank Neo Commerce belum punya layanan untuk isi ulang uang elektronik. Tapi tenang aja, BNC sudah punya fitur pembayaran QR lho.

Bank Jago

Proses pembukaan rekening bank jago juga terbilang mudah dan cepat. Untuk fitur Bank Jago memiliki pocket atau kantong yang bisa digunakan untuk menyimpan uang sesuai dengan kebutuhan.

Bank Jago juga bisa tersambung dengan GoPay. Ada juga fitur request money, pay & send dan JagoRameRame. Ada kartu debit Visa yang bisa didapatkan oleh para pengguna.

Bank Jago menggratiskan pengiriman uang ke sesama Jago. Lalu ke rekening bank lain 25 kali transfer dan top up ewallet gratis. Setelah kuota habis dikenakan biaya Rp 3.000 per transaksi.

Untuk bayar tagihan dari aplikasi Jago biaya pembelian paket data dan pulsa dikenakan biaya Rp 1.500. Pembayaran Telkom Rp 3.000, Biznet Rp 4 ribu.

Untuk tarik tunai di ATM domestik gratis 5 kali per bulan setelah kuota habis maka akan dikenakan biaya jika menarik di ATM Alto atau ATM bersama Rp 7.500. Jika di ATM Jago gratis.

Untuk layanan customer service, sudah ada di aplikasi mulai dari telepon, email sampai chat. Tapi untuk fitur chat masih sulit digunakan.