Rebranding, Zurich Asuransi Indonesia Gabungkan Kekuatan Lokal-Global

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 15:37 WIB
Zurich Asuransi Indonesia
Foto: Zurich Asuransi Indonesia
Jakarta -

PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) resmi berganti nama menjadi PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. Branding baru ini terbentuk setelah Zurich Group mengakuisisi Adira Insurance sejak 2019 lalu.

Adira Insurance selama ini merupakan salah satu pemain utama dalam asuransi umum di Indonesia, sedangkan Zurich adalah perusahaan asuransi multi-lini terkemuka yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam melayani nasabah di seluruh dunia.

Dengan identitas perusahaan yang baru, Zurich Asuransi Indonesia menggabungkan semangat, kekuatan, dan pengalaman Adira Insurance di pasar lokal dengan keahlian, jaringan, serta jejak solid Zurich di industri asuransi global. Penggabungan kedua kekuatan ini disebut akan menjadikan Zurich Asuransi Indonesia sebagai game changer di industri asuransi umum di Indonesia.

"Selama dua tahun belakangan kami bekerja keras di belakang layar untuk mengintegrasikan sistem kami, keahlian kami dan tim kami. Rebranding ini adalah puncak dari semuanya, mengukuhkan penggabungan dua kekuatan di industri asuransi," kata Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia, Hassan Karim dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

"Rebranding perusahaan kami merupakan simbol kekuatan baru dalam pasar asuransi di Indonesia, dengan bangga kami memperkenalkan Zurich Asuransi Indonesia untuk mendampingi masyarakat Indonesia serta bertumbuh dan berkontribusi terhadap industri asuransi Indonesia," imbuhnya.

Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi Zurich. Berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan, tercatat pendapatan premi asuransi umum mengalami pertumbuhan positif sebesar 11,5% pada Agustus 2021. Jumlah ini mencapai Rp 50,16 triliun dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencapai Rp 44,56 triliun.

Secara tahunan nilai tersebut juga tumbuh sebesar 1,73% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020. OJK juga mencatat pendapatan premi asuransi terus meningkat sepanjang 2021 atau pada tahun kedua pandemi. Hal ini mencerminkan industri asuransi umum menyimpan peluang yang menjanjikan ke depannya seiring pulihnya aktivitas ekonomi.

"Kami lahir kembali dengan pendekatan yang modern dan customer-centric, untuk mendampingi dan memberikan perlindungan bagi masyarakat di Indonesia. Sebagai pemain 5 besar, kami percaya bahwa industri asuransi umum Indonesia memiliki potensi yang fenomenal dan kami yakin bahwa Zurich Asuransi Indonesia kini memiliki kapabilitas, talenta, dan keahlian untuk semakin berkembang," terangnya.

Hassan menerangkan bahwa Zurich di Indonesia memberikan solusi perlindungan berbagai kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan. Solusi ini akan dihadirkan melalui entitas asuransi umum, jiwa, dan syariah.