Pengertian Kebijakan Moneter, Tujuan, Jenis, dan Instrumennya

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 11 Des 2021 16:39 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia, lgo bank indonesia, bi, gedung bank indonesia di Jakarta
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sebagai bank sentral Bank Indonesia (BI) menjalan kebijakan moneter. Lantas, apa pengertian, tujuan, hingga instrumen kebijakan moneter?

Pengertian kebijakan moneter

Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter memang menjadi tugas dari BI yang diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.

Dikutip dari Undang-Undang No 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, Sabtu (11/12/2021) kebijakan moneter adalah kebijakan yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh BI untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Hal itu dilakukan melalui pengendalian jumlah uang beredar dan atau suku bunga.

Kebijakan moneter juga merupakan salah satu kebijakan penting yang menjadi bagian dari pembangunan ekonomi nasional. Di mana harus lebih diarahkan kepada upaya untuk menciptakan dan menjaga stabilitas moneter.

Tujuan

Dirangkum dari Undang-Undang nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, berikut tujuan dari Kebijakan Moneter:

1. Menjaga kestabilan nilai rupiah

Kebijakan moneter ini berpengaruh pada kestabilan nilai rupiah. Adapun hal itu juga berpengaruh harga barang dan jasa, serta terhadap mata uang negara lain.

Kestabilan terhadap harga barang dan jasa diukur dari perkembangan laju inflasi. Sementara yang berkaitan dengan nilai rupiah terhadap mata uang negara lain diukur dengan perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

2. Mengendalikan uang beredar/suku bunga

Tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter dilakukan Bank Indonesia antara lain melalui pengendalian jumlah uang beredar dan suku bunga.

Efektivitas pelaksanaan tugas ini memerlukan dukungan sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman, dan andal, yang merupakan sasaran dari pelaksanaan tugas mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman, dan andal tersebut memerlukan sistem perbankan yang sehat, yang merupakan sasaran tugas mengatur dan mengawasi Bank. Hal itu akan mendukung pengendalian moneter mengingat pelaksanaan kebijakan moneter terutama dilakukan melalui sistem perbankan.

3. Pembangunan ekonomi

Guna mewujudkan perekonomian yang kukuh perlu diadakan penyesuaian berbagai kebijakan ekonomi dan moneter yang selama ini telah ditempuh oleh Indonesia.

Kebijakan moneter yang merupakan salah satu kebijakan penting dari kebijakan pembangunan ekonomi nasional. Selama ini perencanaan dan penetapan kebijakan moneter dilakukan oleh Dewan Moneter

Sementara status dan peranan Bank Indonesia adalah membantu Pemerintah dalam melaksanakan kebijakan moneter yang disusun dan ditetapkan oleh Dewan Moneter berdasarkan Undang-undang Nomor 13 tahun 1968.

4. Tujuan lain

Bank Indonesia berwenang menetapkan sasaran-sasaran moneter dan melakukan pengendalian moneter dengan cara-cara yang ditetapkan dalam Undang-undang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Indonesia melaksanakan kebijakan nilai tukar berdasarkan sistem nilai tukar yang ditetapkan, mengelola cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban luar negeri, memelihara keseimbangan neraca
pembayaran dan dapat juga menerima pinjaman luar negeri.

Selanjutnya tentang Jenis dan instrumen kebijakan moneter. Langsung klik halaman berikutnya