ADVERTISEMENT

Tahun Depan Jumlah Bank yang Biaya Transfernya Rp 2.500 Bakal Tambah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 20:30 WIB
Australia Akan Miliki Transfer Antar Bank Lebih Cepat
Foto: Australia Plus ABC
Jakarta -

Transfer uang antar bank dengan BI-FAST menjadi lebih murah yaitu hanya Rp 2.500 per transaksi. Bank sentral menyebutkan untuk tahap pertama ada 21 bank yang menjadi peserta dan bisa menggunakan layanan tersebut.

Beberapa bank juga mulai mengumumkan jika layanan BI FAST sudah ada di mobile banking dan layanan internet banking. Tahun depan bank yang menjadi peserta BI FAST ini akan bertambah.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan sebagaimana diumumkan saat peluncuran ada 21 bank yang menjadi peserta di batch pertama ini.

Dia menyebut semuanya sudah siap menjalankan BI FAST. Untuk tahun 2022, akan ada batch berikutnya yaitu batch 2 untuk bank-bank yang masuk menjadi peserta BI FAST.

Saat ini proses persiapannya masih berjalan dan berapa yang siap menjadi peserta di batch 2 tergantung kesiapan people, process dan technology.

"Sebagai gambaran awal, peserta di batch 2 juga akan sekitar 20 bank sebagaimana batch 1. Selanjutnya juga terus disiapkan untuk batch-batch selanjutnya di tahun 2022," kata dia kepada detikcom, Jumat (24/12/2021).

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dan implementasi BI-FAST dengan pelaku industri, dalam rangka mengintegrasikan Ekonomi Keuangan Digital (EKD) nasional.

Implementasi BI-FAST merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui infrastruktur fast payment yang akan menjadi game changer untuk mengantisipasi perkembangan transaksi digital ke depan termasuk dalam memfasilitasi transaksi cross border.

Pada tahap awal di Desember 2021, implementasi BI-FAST fokus pada layanan transfer kredit individual dengan 21 Peserta Batch 1 yang telah go live .

Bagi calon peserta lainnya yang belum masuk sebagai peserta Batch 1, Bank Indonesia tetap membuka gelombang-gelombang berikutnya untuk menjadi peserta BI-FAST. Selanjutnya, layanan BI-FAST diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT