Apa Beda Nasabah Prioritas dengan yang Biasa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 16:38 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Dalam operasional perbankan, nasabah merupakan darah yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bank. Tanpa nasabah, bank tidak bisa beroperasi dan menjalankan bisnisnya.

Ada dua nasabah yang paling sering ditemui di bank yaitu nasabah prioritas dan nasabah biasa. Apa sih bedanya?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nasabah adalah orang atau badan yang memiliki rekening simpanan dana di suatu bank.

Sedangkan untuk nasabah prioritas, adalah nasabah yang memiliki kelas berbeda dengan nasabah biasa.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn mengungkapkan nasabah Prioritas BCA akan mendapatkan berbagai keistimewaan mulai dari media komunikasi eksklusif, airport lounge access, wealth management, BCA young community, safe deposit box, merchant BCA, education, health, lifestyle sampai business.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Corina Leyla Karnaelis menjelaskan Dedicated Relationship Manager yang akan mendampingi Nasabah dalam membangun portfolio sesuai kebutuhan nasabah untuk hasil yang optimal.

"BNI menyediakan Investment Specialist yg akan membantu mereview dan me-rebalancing portofolio nasabah bersama RM agar selalu relevan dengan kondisi market dan kebutuhan nasabah," jelas dia.

Kemudian ada juga Emerald Market Update event agar nasabah mengetahui kondisi pasar dan bisa mengambil keputusan yang tepat. Event lifestyle sebagai privileges untuk nasabah Emerald seperti fashion show, health seminar, golf tournamen, dll

Berbagai privileges, seperti penjemputan airport limo di dalam/luar negri, airport lounges , bagage handling, concierge utk berbagai kebutuhan nasabah, birthday rewards, festive rewards (untuk tier tertentu)

Tactical event seperti easy pasport yaitu pembuatan pasport di Emerald lounge tanpa antre dan langsung jadi hari yang sama.

SVP Wealth Management PT Bank Mandiri Tbk Ursula Sista Pravesthi mengungkapkan setelah menjadi nasabah Mandiri Prioritas atau Mandiri Private, nasabah akan mendapatkan pelayanan khusus dan eksklusif dari Bank Mandiri.

Nasabah juga mendapatkan dedicated Relationship Manager yang telah tersertifikasi dalam menyediakan premium banking service dan memberi solusi perbankan, investasi, dan asuransi yang didukung dengan informasi market outlook dan riset dari Wealth Management Specialist yang berpengalaman.

"Selain mendapatkan itu, nasabah juga dapat menikmati berbagai special priviliges," jelas dia.

Sedangkan untuk nasabah biasa tetap mendapatkan pelayanan yang baik dari perbankan. Namun tidak sebanyak benefit yang didapatkan oleh para nasabah Prioritas yang memang uangnya mengendap dalam waktu yang lama.



Simak Video "Kata BRI soal Nasabah Robek Buku Tabungan Gegara Saldo Berkurang"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)