ADVERTISEMENT

Simak! AIA Umumkan Jalan Keluar Unit Link yang Bikin Heboh

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 07 Feb 2022 20:00 WIB
Gedung AIA Jakarta
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Belum lama ini ramai pemberitaan terkait nasabah asuransi produk unit link yang menuntut uang mereka dikembalikan. Sejumlah nasabah bahkan sampai menggeruduk kantor perusahaan asuransi tersebut. Salah satunya PT AIA Financial (AIA).

Pihak AIA mengungkapkan saat ini perseroan sedang melakukan penyelesaian keluhan nasabah tersebut. Direktur Hukum, Kepatuhan dan Risiko AIA, Rista Qatrini Manurung mengatakan AIA berkomitmen untuk segera mencapai penyelesaian dengan kelompok nasabah unit link.

Dia menjelaskan AIA sudah mengumumkan jadwal dan skema penyelesaian 80 nasabah Unit Link melalui proses arbitrase di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) yang akan dilakukan secara bertahap untuk satu per satu nasabah yang prosesnya akan dimulai pada sekitar pertengahan Februari 2022.

Rista mengatakan AIA menempuh langkah serius untuk menyelesaikan keluhan nasabah produk unit link sejalan dengan perkembangan dan pembahasan yang dilakukan regulator, parlemen, asosiasi, dan perusahaan.

"Dengan diumumkannya jadwal penyelesaian melalui LAPS SJK ini kami berharap dapat mempermudah penyelesaian keluhan nasabah dengan segera untuk menghasilkan solusi yang terbaik bagi nasabah, perusahaan dan industri asuransi jiwa," kata dia dalam keterangannya, Senin (7/2/2022).

Dia mengungkapkan sesuai dengan ketentuan polis dan proses penyelesaian sengketa berdasarkan peraturan OJK, apabila melalui proses mediasi internal, keluhan belum terselesaikan, maka nasabah dapat memanfaatkan LAPS SJK.

"Dalam prosesnya, nasabah tidak perlu khawatir karena seluruh biaya untuk proses arbitrase di LAPS SJK akan ditanggung oleh AIA. Oleh karena itu, kami mengharapkan kerjasama dari seluruh nasabah untuk mengikuti proses arbitrase ini, agar setiap keluhan dapat segera terselesaikan," lanjut Rista.

Bagaimana tahapannya? Cek halaman berikutnya.

Tahapan Pelaksanaan Penyelesaian Keluhan Nasabah Melalui Arbitrase LAPS SJK:

Tahap pertama, perusahaan akan mengirimkan surat pemberitahuan, mulai sekitar pertengahan Februari dilengkapi dengan informasi persyaratan dokumen dan prosedur arbitrase LAPS SJK.

Tahap kedua, penandatanganan perjanjian arbitrase antara nasabah dan Perusahaan tentang penunjukan LAPS SJK sebagai pihak yang melakukan arbitrase beserta kelengkapan teknisnya.

Tahap ketiga, nasabah diminta memberikan kelengkapan persyaratan dokumen kepada LAPS SJK sebagai pihak yang melakukan verifikasi dokumen.

Untuk memudahkan nasabah, proses arbitrase di LAPS SJK nantinya dapat dilakukan di lokasi sesuai domisili nasabah dengan memanfaatkan kantor regional OJK. Penyelenggaraan prosedur arbitrase akan mengikuti protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan pemerintah.

Ketua LAPS SJK, Himawan Subiantoro dalam keterangan pers nya menyatakan, LAPS SJK akan berpartisipasi aktif dalam proses penyelesaian sengketa ini bersama perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang terkait dengan kelompok nasabah/mantan nasabah tersebut. "Penyelesaian melalui arbitrase yang diputuskan oleh LAPS SJK adalah bersifat final dan mengikat," ujarnya.

LAPS SJK dapat memfasilitasi setiap pengaduan nasabah apabila ada kesepakatan tertulis antara perusahaan asuransi dan nasabah. Pihaknya juga menegaskan akan menjunjung tinggi independensi dan tidak akan berpihak dengan sisi mana pun agar ada solusi terbaik yang bisa dicapai.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT